Gaya Hidup

Tips Meningkatkan Daya Ingat Anak

Rabu, 20 September 2017 - 06:37 | 193.40k
ILUSTRASI. Anak-anak perlu memiliki daya ingat yang baik. (Foto: tipsdoktercantik.com)
ILUSTRASI. Anak-anak perlu memiliki daya ingat yang baik. (Foto: tipsdoktercantik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Daya ingat atau biasa disebut juga dengan memori adalah proses mempertahankan, menyimpan, dan mengingat kembali pengalaman yang telah lampau. Kunci utama daya ingat adalah memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Pada anak-anak, agar mereka bisa mengingat pelajar di sekolah, mereka tentunya harus memiliki kemampuan daya ingat yang baik. Sayangnya, kemampuan daya ingat setiap anak berbeda-beda. Namun Anda tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat jangka panjang anak, dilansir dari Hello Sehat.

Bermain Sambil Belajar
Bermain merupakan cara meningkatkan daya ingat yang paling disukai semua anak. Untuk meningkatkan perkembangan otaknya, lakukanlah aktivitas bersama yang menyenangkan dengan anak. Misalnya, dengan mengajaknya bermain sambil belajar.

Beberapa permainan yang bisa Anda lakukan bersama anak untuk merangsang daya ingatnya adalah puzzle, flash card, mewarnai, permainan aneka bentuk dan warna, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

Bercerita bersama
Anda bisa mendongengkannya berbagai macam jenis cerita sebelum tidur dan saat waktu luang. Setelah selesai mendongeng, ajaklah anak untuk kembali mengingat jalan cerita tadi. Dengan melakukan pengulangan, lama-lama anak akan terbiasa mendengarkan dan merekamnya dalam memori mereka.

Selain dari buku cerita, Anda juga bisa juga menggunakan boneka tangan, gambar-gambar yang bisa diganti-ganti dan menarik perhatiannya.

Mengajak Bernyanyi
Anda juga bisa meningkatkan daya ingat anak dengan musik dan mengajaknya bernyanyi, misalnya menyanyikan langkah-langkah mengikat tali sepatu. Jangan lupa ajak juga anak untuk berjoget dan bertepuk tangan agar menambah kegembiraan dan semangatnya.

Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, anak pasti akan mencoba menirukan nada dan lirik lagu yang sering dinyanyikannya serta mengingat informasi yang ada di dalam lagu.

Aktivitas Fisik
Beragam penelitian telah menunjukkan jika aktivitas fisik memberikan manfaat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Itu sebabnya, sejak kecil, anak pun sebaiknya dibiasakan aktif secara fisik.

Aktivitas fisik pada anak membawa banyak manfaat seperti mengasah keterampilan gerak, interaksi sosial dengan orang sekitarnya, dan juga perkembangan otak. Anak yang aktif akan belajar dengan lebih efektif, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Cukup Tidur
Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan bahwa tidur yang cukup merupakan kunci mempertahankan daya ingat. Hal ini dikarenakan selama tidur otak menyimpan hal-hal penting yang sudah dipelajari selama seharian.

Pastikan anak mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap harinya. National Sleep Foundation(NSF) merekomendasikan waktu tidur si kecil 11 – 13 jam per hari (sudah termasuk tidur siang).

Memperhatikan Asupan Nutrisi
Asupan nutrisi anak juga harus diperhatikan agar daya ingatnya bagus. Cukupkanlah asupan nutrisi anak dengan memberikan makanan yang kaya vitamin, asam folat, asam lemak esensial, zat besi, serta seng untuk merangsang fungsi otak yang akhirnya akan memengaruhi daya ingatnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES