Peristiwa Daerah Kabupaten Malang Emas

Kabupaten Malang Kembangkan Wisata Religi Gunung Kawi

Selasa, 19 September 2017 - 16:47 | 85.36k
Wakil Bupati Malang HM Sanusi, Kabupaten Malang Kembangkan Wisata Religi Gunung Kawi (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Malang HM Sanusi, Kabupaten Malang Kembangkan Wisata Religi Gunung Kawi (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Kabupaten Malang Emas

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mendukung program pariwisata nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Malang menyiapkan Gunung Kawi sebagai destinasi wisata religi.

Wakil Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, Gunung Kawi sudah lama terkenal dan menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lintas agama. Dia berharap, dimulai dari Gunung Kawi, Kabupaten Malang menjadi daerah tujuan pariwisata nasional.

"Mudah-mudahan Gunung Kawi menjadi desrinasi wisata religi untuk Indonesia," ujarnya saat membuka acara bertajuk Gumebyar Pesona Gunung Kawi di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Selasa (19/9/2017).

Pemkab Malang menyiapkan infrastuktur yang mendukung terintegrasinya wisata religi di Gunung Kawi. Digelarnya pameran produk unggulan pada acara ini, Sanusi berharap akan menambah keragaman wisata.

gunung-kawi1qpHtd.jpg

"Akan banyak wisatawan yang bisa mengenal produk khas untuk menambah kekayaan wisata Kabupaten Malang," terangnya.

Dia menjelaskan, pariwisata suatu daerah bisa terkenal karena penyajian wisata dan keramahan masyarakatnya, ditambah dengan kekayaan seni budaya. Namun tak kalah penting adalah wisata kuliner.

Untuk itu, di wisata Gunung Kawi, Pemkab Malang mendorong berkembangnya kesenian tradisional dan kuliner khas setempat. 

Caranya, pada kegiatan Gumebyar Pesona Gunung Kawi digelar lomba olahan makanan berbahan ketela ungu khas Gunung Kawi, serta lomba cipta tari Gunung Kawi. Harapannya, hasil juara setiap lomba, karyanya bisa menjadi sajian khas dan resmi Kabupaten Malang.

"Gunung Kawi terkenal dengan telo (ketela), tidak ada daerah lain yang sama dengan telo Gunung Kawi. Empuk dan enak," ucap Sanusi bangga.

gunung-kawi2dhDuC.jpg

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dn Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan, untuk mengoptimalkan pengembangan pariwisata diperlukan sinergi atas lembaga dan sektor. Pun dengan penataan wisata religi Gunung Kawi.

gunung-kawi37UmY8.jpg

Bersamaan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang Jajuk Rendra Kresna meluncurkan (launching) Hari Jadi ke-1257 Kabupaten Malang. Peluncuran ini ditandai dengan penekanan tombol dilanjut demgan pelepasan balon ke udara.

Gumebyar Pesona Kawi akan berlangsung hingga Kamis (21/9/2017) yang diisi dengan beragam kegiatan. Selain lomba olahan ketela, pameran produk unggulan, dan festival cipta tari khas Gunung Kawi, digelar wayang kulit dan kirab 1 Suro. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES