Gaya Hidup

6 Makanan Ini Mengandung Lemak Sehat

Selasa, 19 September 2017 - 04:23 | 79.15k
ILUSTRASI. Alpukat salah satu buah sumber lemak baik. (Foto: zaiqatv.com)
ILUSTRASI. Alpukat salah satu buah sumber lemak baik. (Foto: zaiqatv.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh membutuhkan beberapa makanan berlemak untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lemak bermanfaat memberikan energi bagi tubuh, menjaga kulit dan rambut sehat, membantu menyerap vitamin tertentu, bahkan bisa membantu tetap hangat saat cuaca berubah menjadi dingin.
 
Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, Anda harus hati-hati memilih lemak. Sebaiknya, hindari konsumsi lemak jenuh yang umumnya ditemukan dalam produk hewani dan beberapa minyak nabati. Pilihlah lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh, yaitu lemak dengan kandungan omega 3 dan omega 6. Dilansir dari 1health.id, berikut beberapa jenis makanan yang kaya lemak dan tepat untuk tubuh.
 
Ikan
Salmon adalah pilihan lemak yang paling sering dikenal dan dikonsumsi. Namun, tuna dan sarden juga menawarkan kandungan lemak yang baik bagi tubuh dan jantung. Salmon memiliki kandungan hampir 4 gram monounsaturated dan polyunsaturated sekitar 2,5 gram, sementara ikan sekitar 2 gram.
 
Alpukat
Buah alpukat adalah salah satu sumber terbaik lemak dengan kandungan omega 3 yang sangat baik. Alpukat juga bisa menjadi pengganti mayones dalam sandwich.
 
Kacang-kacangan
Kenari mungkin pilihan terbaik karena kandungan lemak yang mampu membantu jantung menjadi sehat. Mengonsumsi kacang bisa dengan berbagai cara. Namun ada baiknya untuk mengonsumsi kacang tanpa garam, karena kandungan garam yang tinggi akan mengubah kandungan lemak pada kacang dan tidak baik bagi keseimbangan tubuh. 
 
Biji-bijian
Biji labu, biji wijen, dan biji bunga matahari, adalah beberapa jenis biji yang memiliki kandungan untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Beberapa di antara biji tersebut mengandung antioksidan yang mampu memberikan keseimbangan dan energi tubuh sepanjang hari.
 
Telur
Telur adalah sumber protein yang murah dan dapat mengandung kurang dari 5 gram lemak sehat. Telur juga diperkaya dengan tambahan omega-3. Ahli kesehatan menyarankan manusia mengosumsi satu telur dalam sehari agar mendapatkan lemak yang seimbang bagi tubuh. 

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan menyehatkan bagi tubuh karena rendah kolesterol. Meskipun memiliki kandungan lemak sebesar 5 gram, namun minyak zaitun tetap menyehatkan tubuh Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES