Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Ishak Ajak Mahasiswa UBD jadi Agen Perubahan Sumsel

Senin, 18 September 2017 - 21:30 | 38.37k
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki saat memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik Universitas Bina Darma (UBD). (Foto: Humas for AJP TIMES Indonesia)
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki saat memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik Universitas Bina Darma (UBD). (Foto: Humas for AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Maju dan berkembangnnya suatu daerah pasti ditopang generasi yang melek wawasan akan informasi dan teknologi. Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki saat memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik Universitas Bina Darma (UBD) Jumat (15/9/2017).

Menurut Wagub mahasiswa adalah agen pembangunan daerah, dimana dari sanalah cikal bakal inovasi-inovasi hadir. Sedangkan untuk jangka panjangnya kehadiran mahasiswa juga diharapkan dapat ikut mengembangkan daerah sekitarnya menjadi lebih baik. Menurut Ishak mahasiswa juga biasanya mempunyai karakter, kritis, dan selalu ingin perubahan. 

Dalam sejarah bangsa peran mahasiswa tak dapat dikesampingkan, terbukti dengan runtuhnya orde lama, hingga merebut kemerdekaan rakyat Indonesia dari tangan penjajah tak luput dari pengawalan mahasiswa.

Kuliah-Umum-Ishak-2xbBce.jpg

"Kalianlah agen perubahan, kalian juga yang nantinya memegang kendali kemajuan Sumsel mendatang. Giatkan tiga pilar penting ini, kemandirian, mampu beradaptasi dan pengembangan potensi yang dimiliki. Insya Allah kalian mampu bersaing di era persaingan,"ucap Ketua DPD Demokrat Sumsel ini. 

Dalam paparannya Ishak menjelaskan bahwa Provinsi Sumsel saat ini tengah menggiatkan pembangunan infrastruktur besar-besaran meliputi pembangunan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia, pembangunan fly over, pembangunan ruas jalan tol, penambahan jembatan musi.

 "Dimana sesuai peruntukannya dapat diwariskan kepada ujung tombak Sumsel yakni generasi penerus," terangnya 

Tidak hanya unggul di berbagai infrastruktur, Sumsel juga memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah. Faktanya dari segi SDA nya Sumsel sangat luar biasa, sudah banyak yang tahu bahkan sudah diakui 18,45% batubara Indonesia ada di Sumsel, gas alam Sumsel juga menerangi Singapura, Jawa dan Bali.

Bahkan 40 % panas bumi di dunia ada di Indonesia 70%, dan untuk  panas bumi di Indonesia 40%nya berasal dari Sumsel. Ditambah lagi karet nomor satu di Indonesia, Kelapa sawit nomor tiga di Indonesia. 

"Sehubungan dengan kuliah umum, pada dasarnya mahasiswa itu harus kritis, inovatif, dan kreatif. Andil dalam peluang besar, untuk mewujudkan Sumsel yang lebih baik di era kalian," pungkas mantan Bupati Ogan Komering Ilir ini.

Sementara Rektor Universitas Bina Darma Prof. Ir. Buchori Rachman mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dengan semangat yang baru.

"Selamat datang anak-anaku sekalian, galilah potensi harumkan nama universitas dan nama baik Sumsel," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES