Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Puluhan UMKM Tampilkan Produk Unggulan pada Festival Muharram

Senin, 18 September 2017 - 16:01 | 33.47k
Kasi Usaha Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso Ida Kurniati saat ditemui di kantornya (Foto: Angga/Times Indonesia).
Kasi Usaha Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso Ida Kurniati saat ditemui di kantornya (Foto: Angga/Times Indonesia).
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Festival Muharram 2017 yang beberapa hari lagi akan dimulai, akan di ikuti oleh 45 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menampilkan produk unggulan masing-masing UMKM.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Usaha Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso Ida Kurniati, saat ditemui di kantornya, Senin, (18/9/2017).

Menurut Ida, UMKM tersebut akan menampilkan produknya mulai dari makanan, Konveksi, Logam dan sebagainya, serta nantinya kami sediakan stan agar bisa dikelompokkan.

"Kita ada 4 stan dengan ukuran mencapai 20 meter per stan, jadi nanti akan dikelompokan bagi yang makanan dengan makanan dan begitu seterusnya," ujarnya.

UMKM yang ikut dalam festival ini, menurut Ida juga memiliki tugas lain yaitu memberikan sebuah edukasi kepada masyarakat yang nantinya datang dan membeli produknya.

"Bukan semata-mata menjual produknya saja, tetapi juga memberikan pembelajaran. Contohnya masyarakat melihat cara membatik, me-roasting kopi secara langsung," imbuhnya.

Sementara itu juga UMKM yang ikut dalam Festival Muharram 2017 tersebut, merupakan binaan dari Diskoperindag dan tanpa menutup kemungkinan UMKM yang bukan binaan bisa masuk, tetapi harus sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan.

"UMKM ini adalah binaan Diskoperindag, dan bila UMKM lain ingin ikut maka harus memiliki keriteria seperti kualitas produknya bagus dan UMKM nya bisa bertahan dalam persaingan pasar," tuturnya.

Diskoperindag berharap bahwa dengan adanya Festival Muharram 2017 ini, UMKM dapat meningkatkan kualitas produknya dan dapat bersaing di pasaran.

"UMKM bisa lebih aktif dan termotivasi dalam menjaga kualitas produknya," tutupnya.

Sebagai informasi pelaksanaan Festival Muharram 2017 akan di buka pada hari Rabu, (20/9/2017) dilaksanakan di Alun-alun Ki Ronggo Kabupaten Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES