Gaya Hidup

Tips Mudah Menghilangkan Kepedasan Cabai

Minggu, 17 September 2017 - 01:42 | 81.13k
ILUSTRASI. (Foto: baguskali)
ILUSTRASI. (Foto: baguskali)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang suka makanan pedas, bahkan hanya mau makan bila ada sambal. Namun rasa pedas yang berlebihan bisa menyebabkan kepedasan, sensasi terbakar di lidah, dan tubuh berkeringat. Jika Anda ingin meredakannya dengan cepat, cobalah makanan atau minuman berikut ini untuk mengatasinya, dilansir dari Kompas.

Susu
Untuk menghilangkan rasa kepedasan, peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan cara cepat yang bisa dilakukan yaitu dengan minum susu. Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar.

Nasi atau Roti
Nasi atau roti mampu menyerap rasa terbakar yang diakibatkan oleh capsaicin, yaitu senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai yang membuatnya terasa pedas dan panas. Ini akan meredakan kepedasan di mulut. Selain itu, pisang juga bisa membantu untuk meredakan rasa pedas yang Anda rasakan.

Gula
Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicin berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun Anda bisa mencoba mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu untuk menghilangkan rasa pedas.

Minuman Asam
Minuman lain seperti jus lemon dan jus tomat juga baik untuk mengatasi kepedasan. Asam yang terkandung dalam minuman tersebut bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicin. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa membantu.

Minyak Sayur
Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya untuk 'mencuci' mulut serta menghilangkan rasa terbakar. Akan lebih baik jika minyak tersebut dimasukkan lemari es supaya dingin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES