Peristiwa Daerah

Susu Pasteurisasi Nandhi Murni dan KSB Jadi Idola

Sabtu, 16 September 2017 - 21:21 | 362.17k
(Foto: Yeni/TIMES Indonesia)
(Foto: Yeni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di hari terakhir penyelenggaraan Pekan KIM ke IX Tahun 2017 Jatim di Taman Budaya Chandra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, (12-16/9/2017), KIM Batu menuai decak kagum para pengunjung. Selain Kopi Pringgitan yang menjadi idola di booth KIM KWB, susu pasteurisasi Nandhi Murni dan KSB hasil produksi KUD Batu juga tak luput dari perhatian.

Banyak pengunjung bahkan peserta Pekan KIM berebut untuk mendapatkan susu secara gratis pada saat pembukaan pekan KIM oleh Wakil Gubernur Jatim H Saifullah Yusuf. 

Kepala Bidang Komunikasi Dinas Kominfo KWB Susilo Trimulyanto yang memimpin delegasi KIM KWB menyatakan susu dari Batu itu harus segera dibagikan dan dikonsumsi. "Karena jika lewat dari 5 jam susu sudah tidak layak konsumsi, apalagi kami hanya membawa show case dan cool box yang terbatas," ujar Aiek, sapaan akrab mantan Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Batu ini.

Lokasi strategis KUD ini berada di jalan Soekarno-Hatta Beji dibentuk tahun 1978, sedangkan untuk kantor berada di jalan Diponegoro 8 Kel. Sisir Kota Batu.

Sejak awal berdirinya, KUD ini bermodal sangat minim, tetapi dengan semangat dan ketekunan perangakat organisasi dan anggotanya terus berkembang hingga saat ini.

Bidang-bidang usaha KUD juga beragam yaitu Unit Sapi perah, Pengolahan susu, Rumah Susu Ganesha, Rumah Susu Sudiro, Unit Sapronak, Unit lebah madu, Waserda dan Unit simpan pinjam. Bahkan, KUD Batu ini telah bermitra kerja dengan PT. Nestle Indonesia sebagai supplier susu segar perusahan besar tersebut.

Susu Nandhi Murni tersedia dalam berbagai varian rasa dan kemasan ini dapat dinikmati jika berkunjung ke Kota Wisata Batu. 

Rumah Susu KUD Batu menyediakan susu segar dan yoghurt dalam berbagai ukuran, mulai dari cup hingga botol satu liter. Susu dan yoghurt kedai ini tersedia dalam berbagai rasa seperti original, cokelat, strawberry, moca dan lainnya.

Berlibur ke Kota Wisata Batu berasa tak lengkap tanpa singgah di rumah susu KUD Batu yang berlokasi di Jalan Sudiro dan GOR Ganesha. Kedai ini memang tak begitu luas, seolah-olah memang didesain dengan konsep nuansa rumah untuk para wisatawan yang singgah  menikmati segelas susu hangat.

Sebagai usaha yang terbilang sukses, KUD Batu ini juga sangat aktif berpartisipasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar, stakeholders komunitas, bahkan kegiatan pemerintah Kota Batu tak luput dari dukungan KUD yang sebelumnya berstatus Badan Usaha Unit Desa (BUUD) tahun 1976.

KUD Batu juga mengembangkan Tempat Wisata Edukasi Susu Batu berupa penambahan wawasan pengetahuan dan informasi pemerahan susu sapi perah dan pengolahan susu disertai wahana lain dan outlet.

Yang tak kalah penting adalah mendukung Program Pemerintah Kota Batu dalam kegiatan penambahan nutrisi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

Para pelajar di lingkungan Sekolah Kota Wisata Batu wajib mengkonsumsi susu gratis tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkot KWB atas kebutuhan nutrisi dan gizi pelajar.

Dukungan KUD Batu dalam setiap event dan moment misalnya support pada Meet Up Nusantara Indonesia Local Guides 2017 yang diselenggarakan Dinas Kominfo KWB menggandeng Batu Local Guides dan TIMES Indonesia dengan menghadirkan para Local Guides seluruh Indonesia pada medio Agustus 2017 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES