Peristiwa Nasional

Siap Digunakan, Peta Termutakhir NKRI Resmi Dirilis di RI KM Nol

Sabtu, 16 September 2017 - 15:05 | 34.88k
Ilustrasi peta Indonesia
Ilustrasi peta Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diluncurkan di Tugu Kilometer Nol Indonesia, Gampong Iboih, Sukakarya, Sabang, Aceh, peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hasil pemutakhiran terbaru atau Informasi Geospasial (IG) sudah siap digunakan.

"Peta NKRI termutakhir sudah disebarluaskan atau dipublikasikan ke semua pengguna dan IG sudah bisa digunakan oleh pengguna," ucap Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Prof Dr Hasanuddin.

Peluncuran peta NKRI termutakhir ini sendiri adalah dalam rangka pencanangan gerakan menebar sejuta peta untuk negeri. Menurut Hasanuddin, peta ini menyajikan tambahan berbagai informasi terbaru yang sudah melalui pembahasan oleh tim penyusunan peta NKRI.

"Peta NKRI edisi 2017 terdapat pembaharuan yang sangat signifikan terutama terkait batas maritim Indonesia," tegasnya.

Ia juga menyampaikan jika pembaruan peta NKRI meliputi teritorial yang berlaku antara Indonesia-Singapura di sisi barat dan timur. Juga perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) antara Indonesia-Filipina yang sudah disepakati bersama dan diratifikasi.

Pemutakhiran peta NKRI terbaru juga melalui keputusan arbitrase Filipina dan Tiongkok yang memberikan yurisprudensi hukum internasional bahwa pulau kecil atau karang kecil di tengah laut yang tidak bisa menyokong kehidupan manusia, tidak memiliki hak ZEE 200 mil laut dan landas kontinen.

"Jadi beberapa pulau kecil milik negara tetangga Indonesia hanya diberi batas 12 mil laut," imbuh Hasanuddin sembari menambahkan jika pemerintah Indonesia ingin mempertegas klaim Selat Malaka dengan melakukan simplifikasi garis batas untuk mempermudah penegahan hukum internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES