Kesehatan

Jangan Campur Teh dengan Susu, Ini Bahayanya

Sabtu, 16 September 2017 - 03:39 | 101.15k
ILUSTRASI. Minuman teh susu. (Foto: thespruce.com)
ILUSTRASI. Minuman teh susu. (Foto: thespruce.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cukup banyak orang yang suka dengan teh susu. Kombinasi dari kedua minuman sehat ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, di balik kenikmatan dari minuman teh susu ini, ternyata ada risiko berbahaya yang mengintai jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Teh memang mengandung senyawa yang memiliki banyak manfaat utnuk tubuh. Namun, jika dicampurkan dengan susu maka zat protein dan kalsium tinggi yang ada pada susu dapat menurunkan dan menghilangkan kualitas manfaat dari senyawa teh. Senyawa yang ada pada teh dan nutrisi pada susu pada dasarnya tidak akan pernah bisa bersatu untuk meningkatkan kualitas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Lalu apa saja dampak minum teh campur susu untuk kesehatan? Berikut efek negatifnya, yang berhasil dihimpun TIMES Indonesia.

Meningkatkan Risiko Terkena Batu Ginjal
Kita bisa mendapatkan cukup banyak kandungan kalsium dalam susu yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, kandungan kalsium pada susu ini bisa saling berikatan dengan kandungan di dalam teh yang disebut sebagai senyawa asam oksalat. Jika hal ini terjadi, maka terbentuklah partikel yang bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

Merusak Daya Tahan Tubuh
Kandungan protein tinggi pada susu yang mencemari minuman teh yang mengandung cafein dapat merusak fungsi imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan seseorang mudah terserang kelelahan dan mudah terserang flu atau masuk angin.

Serangan Jantung mendadak
Mengkonsumsi teh campur susu yang dilakukan setiap hari bahkan bertahun tahun sangat tidak baik bagi tubuh karena nutrisi pada susu dapat menghilangkan senyawa catchein yang ada pada teh.

Keistimewaan zat catchein yang mampu melindungi jantung dari berbagai masalah seperti serangan jantung mendadak menjadi hilang dan tidak bermanfaat lagi. Minuman teh yang dicampur susu justru bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak.

Berat Badan Sulit Diturunkan
Jangan mencampurkan teh hijau dengan susu apapun alasannya, karena zat Catching yang ada pada teh hijau sangat ampuh dalam mengatasi kelebihan berat badan. Namun ketika dicampurkan dengan susu maka fungsi zat catching akan kehilangan kemampuannya untuk memecah lemak dalam tubuh. Akibatnya penurunan berat badan akan sulit terwujud.

Serangan Radikal Bebas
Zat antioksidan pada teh dapat berkurang dan bahkan hilang jika digabungkan dengan susu. Pada akhirnya minuman teh tersebut tidak memiliki keistimewaan untuk bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu mengendalikan bahaya serangan radikal bebas termasuk debu, sinar matahari dan asap terhadap tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES