Gaya Hidup

Atasi Rasa Takut Anak pada Binatang dengan Cara Ini

Sabtu, 16 September 2017 - 01:38 | 118.40k
ILUSTRASI. Mengajarkan anak tidak takut dengan binatang. (Foto: wallarthd.com)
ILUSTRASI. Mengajarkan anak tidak takut dengan binatang. (Foto: wallarthd.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan anak kecil takut dengan binatang, bahkan dengan binatang sejinak kucing rumahan sekalipun. Rasa takut ini karena anak-anak belum memahami benar kalau kebanyakan hewan yang sering ditemui, seperti ayam, kucing, atau anjing, bukanlah makhluk yang berbahaya.

Anak-anak menganggap hewan sebagai sesuatu yang sama sekali baru dan asing di dunia mereka. Sebab dari bayi, kebanyakan anak pada umumnya hanya berinteraksi penuh dengan sesama manusia. Tak heran jika anak menunjukkan kewaspadaan tinggi, bahkan mungkin sampai menangis menjerit ketakutan, ketika dihadapkan dengan hewan tanpa perkenalan terlebih dahulu.

Agar anak tidak takut dengan hewan, orangtua perlu membiasakan anak-anak berinteraksi dengan hewan di sekitar. Dilansir dari Hello Sehat, berikut beberapa langkah yang bisa diakukan untuk mengatasi masalah anak takut binatang.

1. Kenalkan Binatang Lewat Buku atau Film
Anda bisa memperkenalkan binatang kepada anak lewat buku bacaan atau film. Ajari bahwa binatang-binatang ini tidaklah berbahaya dan biasakan anak mengenal binatang tersebut secara bertahap. Hindari cara bercerita hewan yang menakutkan, seperti "lalu, buaya itu memakannya hidup-hidup! Raawwwrr!!" atau "Anjing itu menggigit Andi", dengan ekspresi yang ketakutan. Ini justru akan membuat anak menjadi semakin takut dan tidak menyukai binatang, atau bahkan sampai mimpi buruk mengenai binatang itu.

2. Kenalkan Melalui Mainan
Coba belikan anak berbagai macam mainan dengan bentuk binatang, biarkan anak memilih mainan binatang kesukaannya. Dengan begitu akan timbul rasa ingin memiliki dari anak. Mainan dapat menjadi salah satu media yang dapat menggambarkan bagaimana sifat hewan terhadap anak. Disarankan untuk tidak memaksa pilihan anak, karena hal ini akan menyebabkan anak bosan dan semakin tidak menyenagin karakter binatang

3. Ajak Anak Bermain dengan Teman yang Punya Hewan
Tidak semua anak takut binatang. Beberapa anak sudah terbiasa tumbuh besar dengan hewan peliharaan sejak mereka masih dalam kandungan. Jika anak memiliki teman yang akrab dengan binatang, Anda bisa mencoba mengajak anak bermain ke rumah temannya. Sesekali biarkan anak melihat bagaimana teman-teman seusianya bermain dan mengasuh binatang peliharaannya. Dengan memperhatikan hal itu, dapat membantu anak mengatasi rasa takutnya pada hewan yang sebenarnya tidak menakutkan.

4. Kunjungi Toko Hewan atau Kebun Binatang
Anda bisa mengenalkan hewan-hewan peliharaan yang ada di toko hewan atau kebun binatang. Ketika Anda lihat anak mulai tertarik, ajaklah untuk ikut memegang juga. Dengan begitu, anak akan memiliki ketertarikan sendiri pada binatang nantinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES