Gaya Hidup

Bahaya di Balik Nikmatnya Seduhan Teh

Jumat, 15 September 2017 - 04:21 | 51.51k
ILUSTRASI. Minum teh. (Foto: nutritionsecrets.com)
ILUSTRASI. Minum teh. (Foto: nutritionsecrets.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa sih yang tidak tahu teh, minuman ini seperti sudah menjadi menu minuman wajib bagi setiap warung, kafe, atau restaurant manapun. Namun, teh yang menjadi minuman kesukaan banyak orang ini ternyata mengandung berbagai efek samping bagi tubuh. Berikut efek samping konsumsi teh bagi kesehatan yang berhasil dihimpun TIMES Indonesia.

Menyebabkan Batu Ginjal
Teh hitam yang Anda minum ternyata memiliki zat oxalate,  zat oxalate yang tertumpuk pada saluran pembuangan seni ini lama kelamaan akan membentuk kristal dan batu yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Untuk menanggulangi terjadinya batu ginjal, maka kita harus sering minum air putih agar zat oxalate dan kristal-kristal yang ada di dalam saluran pembuanagan seni keluar menjadi urine. 

Menyebabkan Maag
Teh yang diminum dalam keadaan perut kosong ternyata dapat menyebabkan maag. Hal ini karena kandungan kafein yang masuk saat perut dalam keadaan kosong membuat produksi asam lambung semakin berlebih. Jika hal ini terus menerus terjadi maka dinding lambung akan luka.

Mempengaruhi Penyerapan Zat Besi
Anda perlu memperhatikan waktu minum teh. Usahakan tidak minum teh sebelum atau sesudah makan. Kebiasaan minum teh sebelum atau sesudah makan dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Jika ingin minum teh setelah makan, maka tunggu setelah 2 atau 3 jam.

Efek negatif konsumsi teh tersebut memang tidak akan terasa seketika, melainkan setelah dikonsumsi berkali-kali tanpa memperhatikan gaya hidup sehat. Agar terhindar dari efek negatif teh tersebut, konsumsilah teh selayaknya.

Selain itu, perhatikan cara Anda menyeduh teh. Hindari mendiamkan teh celup di dalam air panas lebih dari 3 menit. Kurangi kebiasaan minum teh manis agar efek negatif teh tidak bertambah parah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES