Peristiwa Daerah

Bupati Anas Ajak Mahasiswa Muhammadiyah Jadi Generasi Muda Global

Kamis, 14 September 2017 - 22:47 | 19.32k
Bupati Anas berfoto bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Bupati Anas berfoto bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas diundang berbagi pengalaman dengan lebih dari 2.000 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kamis (14/9). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr dr Sukadiono.

Anas memotivasi para mahasiswa untuk terus berkreasi meningkatkan kompetensi agar bisa menjadi generasi muda yang berdaya saing global.

Dia juga mengajak mahasiswa untuk memilih lingkungan agar berkembang dengan baik dan produktifitas terpantik.

"Manfaatkan waktu dengan baik, cari lingkungan yang bisa mendukung pengembangan diri, aktiflah berorganisasi, dan yang penting jangan sampai lupa untuk selalu minta doa orang tua," kata Anas, Kamis (14/9/2017).

Anas juga mengurai bagaimana relasi Bung Karno dengan banyak tokoh Islam, mulai dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari, pendiri Muhammadiyah,KH Ahmad Dahlan, dan tokoh Persis, Ahmad Hassan.

Misalnya, Bung Karno meminta fatwa kepada KH Hasyim Asyari tentang hukum membela negara melawan penjajahan, yang dari sana kemudian lahir Resolusi Jihad yang sangat terkenal dalam sejarah.

Bung Karno juga kerap belajar ke KH Ahmad Dahlan, serta berkorespondensi dengan Ahmad Hasaan.

Pergaulan yang luas tersebut, kata Anas, membentuk dimensi pemikiran nasionalisme Bung Karno menjadi kental dengan aspek keagamaan.

Anas lalu meminta para mahasiswa untuk meneladani para tokoh bangsa yang sudah berkontribusi besar ke negara ini dalam usia yang relatif muda itu.

"Yang ingin saya sampaikan, persahabatan menentukan bagaimana kita bersikap. Maka anak-anak muda para mahasiswa ini harus bergaul dengan banyak orang, memilih lingkungan pergaulan yang tepat," papar bupati berusia 44 tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES