Gaya Hidup

Bingung Mengolah Daging yang Masih Beku, Ini Caranya

Jumat, 15 September 2017 - 03:27 | 48.16k
ILUSTRASI. Daging beku. (Foto: wegdamfood.com)
ILUSTRASI. Daging beku. (Foto: wegdamfood.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyimpan daging di lemari es menjadi pilihan agar daging bisa tahan lama dan bisa diolah di lain waktu. Namun, penyimpanan ini akan membuat daging menjadi beku dan sulit untuk diolah. Namun sebenarnya kita bisa melakukan cara-cara tertentu agar daging beku bisa lebih mudah diolah. Dilansir dari Nova, berikut cara agar daging beku mudah diolah.

Diamkan di Suhu Ruangan
Meskipun mudah, namun mengolah makanan beku dengan cara ini cenderung berisiko. Ketika bahan makanan telah mencapai suhu yang lebih hangat, bakteri yang mungkin ada sebelum pembekuan justru bisa bertambah banyak.

Namun, ada yang harus diperhatikan. Bahan makanan yang mudah rusak tak boleh dicairkan di suhu ruangan, dicairkan dengan air panas, atau ditinggalkan pada suhu ruangan selama lebih dari dua jam.

Rendam dengan Air Dingin
Bahan makanan beku terutama yang disimpan di dalam kemasan bisa dicairkan dengan menggunakan air dingin. Caranya, bungkus makanan beku dengan plastik atau kemasan hingga rapat agar tak ada bakteri yang bisa masuk. Kemudian, rendam di mangkok atau panci berisi air dingin hingga benar-benar terendam seluruhnya. Ganti air setiap 30 menit hingga makanan benar-benar mencair dan siap untuk diolah di dapur.

Pakai Microwave
Bila sedang terburu-buru, kita bisa memanfaatkan microwave untuk mencairkan bahan makanan beku, seperti misalnya buah-buahan. Sayangnya, meskipun prosesnya lebih cepat, namun hasil pencairannya kurang merata. Selain itu, mencairkan makanan menggunakan microwave berisiko memicu pertumbuhan bakteri pada makanan. Maka, segera olah bahan makanan yang telah dicairkan dengan microwave dengan teknik memasak yang tepat.

Simpan di Kulkas Seharian
Cara ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun cara ini merupakan cara yang paling mudah dan paling higienis. Untuk daging, membutuhkan waktu seharian penuh atau bahkan lebih untuk mencairkan makanan beku seperti daging. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES