Peristiwa Daerah

Disnakertras Banyuwangi Bekali Teknik Perbengkelan Keluarga TKI

Kamis, 14 September 2017 - 19:46 | 30.24k
Peserta pelatihan foto bersama usai pembukaan pelatihan kerja berbasis kompetensi bidang perbengkelan di Cluring, Banyuwangi, Kamis (14/9/2017).  (Foto : Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Peserta pelatihan foto bersama usai pembukaan pelatihan kerja berbasis kompetensi bidang perbengkelan di Cluring, Banyuwangi, Kamis (14/9/2017). (Foto : Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus berupaya memberikan perhatian kepada keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Salah satu program yang tengah dilaksanakan adalah memberikan pelatihan kerja berbasis kompetensi bidang perbengkelan otomotif.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi melalui Kepala Bidang Penempatan Kerja, Dra Nunuk Sri Rahayu menjelaskan, tujuan pelatihan adalah untuk memberdayakan dan memberi bekal keterampilan bagi keluarga TKI agar bisa hidup mandiri.

“Sasaran pelatihan ini adalah anak berusia remaja, setidaknya telah lulus sekolah dan berusia diatas 19 tahun dari keluarga TKI,” jelas Nunuk Sri Rahayu, usai membuka pelatihan kerja berbasis kompetensi bidang perbengkelan otomotif di Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Kamis (14/9/2017).

Selama 25 hari mengikuti pelatihan, peserta akan dibekali teknik dasar memperbaiki sepeda motor. Seperti yang disampaikan oleh instruktur pelatihan, Samsul Alam.

Menurutnya, peserta akan diberi kesempatan lebih banyak untuk praktik memperbaiki kendaraan yang rusak.

“Setelah diberi teori, anak-anak bisa langsung praktik di bengkel pelatihan. Target kami, dua puluh lima peserta ini bisa memiliki keterampilan perbengkelan,” jelas Samsul.

Sementara itu, Dugi Ardi (19), salah satu peserta asal Desa Tamanagung mengaku senang bisa mengikuti pelatihan. Alumni SMK 17 Agustus 1945 Cluring itu ingin menambah banyak pengalaman dan menguasai keterampilan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES