Politik

Rumah Pintar Pemilu Jadi Wahana Wisata Demokrasi di Kota Batu

Kamis, 14 September 2017 - 18:15 | 41.39k
Wali Kota Batu Eddy Rumpoko meresmikan Rumah Pintar Pemilu Wisata Demokrasi, Rabu (13/9/2017) di kantor KPU Kota Batu. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Batu Eddy Rumpoko meresmikan Rumah Pintar Pemilu Wisata Demokrasi, Rabu (13/9/2017) di kantor KPU Kota Batu. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Satu lagi wahana wisata baru hadir di Kota Batu. Namanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wisata Demokrasi. Lokasinya berada di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jalan Raya Tlekung Kecamatan Junrejo.

Kota berjuluk Swiss Kecil di Jawa ini menjadi 'surga' bagi para wisatawan. Kreativitas dan inovasi terus dilakukan, termasuk Pemkot Batu dan KPU Kota Batu dalam pembuatan RPP Wisata Demokrasi. 

RPP Wisata Demokrasi Kota Batu diresmikan pada Rabu (13/9/2017) oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro.

RPP ini terdiri dari 4 (empat) ruangan, yaitu ruang audio visual, ruang display, ruang simulasi, dan ruang diskusi. Menurut Ketua KPU Batu Rochani, sebagai penyelenggara pemilu, KPU berkontribusi untuk menambah wahana wisata lain.

"Kami berharap bisa memberikan nilai positif bagi pembangunan kehidupan demokrasi di Kota Batu," kata dia. 

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko berharap RPP Wisata Demokrasi menjadi tempat penyampaian informasi dan pengetahuan tentang pemilu. 

“Informasi tentang pemilu dapat disampaikan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” jelas pria yang karib disapa ER ini.

Dia pun berharap keberadaan RPP ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, sekaligus sarana edukasi dan pengetahuan kepemiluan bagi masyarakat dan partai poliitik.

Selain ditempatkan di kantor KPU Kota Batu, menurutnya, RPP bisa dibuat di tempat-tempat wisata lain. "Rumah pintar pemilu kan bisa diwujudkan di Jatim Park 3, saya kira akan lebih bagus," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, 70 persen daerah di Indonesia mendapatkan program RPP, termasuk Kota Batu.

RPP Wisata Demokrasi, jelas dia, adalah program pemanfaatan ruang yang dimiliki oleh KPU. Tujuannya, pemanfaatan ruang dan bangunan untuk perencanaan, implementasi, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan pendidikan pemilih.

Gogot yang turut meresmikan RPP Wisata Demokrasi memberikan apresiasi keberhasilan KPU Kota Batu dalam penyelenggaraan Pilwali tahun 2017 lalu. 

Disampaikannya, tingkat partisipasi masyarakat Kota Batu pada Pilwali 2017 diatas 80 persen, melebihi target nasional sebesar 77,5 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES