Kuliner

Jamu Bu Roes, Warisan Asli Batu yang Bikin Pengunjung KIM Ketagihan

Kamis, 14 September 2017 - 18:22 | 411.01k
Beras kencur Bu Roes dipamerkan di Pekan KIM IX 2017 di stan KIM KWB oleh Kangmas dan Nimas Kota Batu. (Foto: Istimewa)
Beras kencur Bu Roes dipamerkan di Pekan KIM IX 2017 di stan KIM KWB oleh Kangmas dan Nimas Kota Batu. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berawal dari resep warisan keluarga, Jamu Beras Kencur Bu Roes sampai saat ini semakin dikenal. Jamu ini merupakan produkhasil perjuangan yang tidak sebentar dalam proses membangun home industry dari Desa Pendem Kec Junrejo, Kota Wisata Batu. 

Sejak memulai bisnis di tahun 2006 lalu, Abah Ujang, sang owner, terus menggerakan dan mengembangkan usaha ini. Abah melibatkan warga sekitar sebagai tenaga terampil hingga Jamu Bu Roes dinikmati oleh berbagai kalangan dengan rasa, aroma dan kualitas yang tidak berubah hingga saat ini.

Inilah yang menjadi salah satu alasan Bidang Komunikasi Diskominfo KWB membawa dan menyertakan produk Jamu Bu Roes dalam Pekan KIM ke IX 2017 Jawa Timur di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Harapannya produk home industry ini semakin dikenal dan dicintai masyarakat.

Terbukti bahwa selama gelaran Pekan KIM Jatim 2017 ini, Jamu Bu Roes KWB ini mendapat perhatian dan apresiasi pengunjung booth serta peserta dari daerah lain yang mengikuti ajang yang sama.

"Rasanya segar, paduan kencur dan jahenya itu lho, kerasa banget ditenggorokan. Segar banget," ungkap Sunarmi, pengunjung dari Madiun.

Berbahan dasar alami rempah tanpa bahan pengawet membuat jamu ini makin terasa khasiatnya sebagai warisan asli nenek moyang. Seperti jamu beras kencur yang dapat meningkatkan stamina, menghilangkan masuk angin dan membersihkan darah kotor. Tersedia juga jamu kunyit asam, kunci sirih, dan temulawak yang tidak diragukan lagi khasiatnya.

Setiap harinya Jamu Bu Roes ini membuka outlet di Batu Secret Zoo, Jatim Park I, Eco Green Park dan Taman Wisata Alam Selecta dengan jumlah pengunjung 5000 - 7000 orang pada hari kerja dan 15.000 orang pengunjung pada weekend atau hari libur. Selain outlet, Jamu Bu Roes ini juga menyediakan secara gratis jamunya dalam kemasan gelas kecil untuk dicicipi pengunjung.

Jamu Bu Roes juga sangat aktif berpartisipasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar Desa Pendem, stakeholders komunitas, bahkan Pemerintah Kota Batu. Jamu Bu Roes ini juga support  Meet Up Nusantara 2017 yang diselenggarakan Dinas Kominfo KWB yang menggandeng Batu Local Guides dan TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) sebagai media partner dengan menghadirkan para Local Guides seluruh Indonesia pada medio Agustus 2017 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES