Peristiwa Nasional

ADB Setujui Bantuan USD 1,1 miliar untuk Sektor Energi Indonesia

Kamis, 14 September 2017 - 17:31 | 22.28k
ILUSTRASI. (Foto: Tribunnews)
ILUSTRASI. (Foto: Tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dewan Direktur Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ ADB) menyetujui dua pinjaman dengan total nilai 1,1 miliar dollar AS. Pinjaman ini guna memerkuat dan mendiversifikasi sektor energi Indonesia.

“Meningkatkan akses ke sumber energi yang terjangkau dan berkelanjutan adalah prasyarat agar pemerintah dapat memenuhi aspirasi pertumbuhan ekonominya,” kata Winfried Wicklein, Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia dalam keterangan resmi, Kamis (14/9) seperti dilansir kompas.

Untuk pinjaman pertama adalah berbasis kebijakan, dengan nilai 500 juta dollar AS untuk Program Energi Berkelanjutan dan Inklusif.

Sedangkan pinjaman kedua adalah berbasis hasil senilai 600 juta dollar AS untuk PT PLN (Persero) yang dijamin oleh pemerintah RI, untuk meningkatkan akses ke layanan energi berkelanjutan dan modern di Kawasan Timur Indonesia.

Wicklein menyatakan, kedua pinjaman yang disetujui masing-masing akan memerbaiki iklim kebijakan yang memungkinkan peningkatan investasi publik dan swasta di sektor energi Indonesia.

Pinjaman ini juga diharapkan dapat mendukung dan membangun jaringan distribusi listrik di Indonesia kawasan timur.

Sementara itu, pinjaman senilai 600 juta dollar AS bagi PLN adalah bagian dari serangkaian program investasi untuk meningkatkan akses penduduk Indonesia ke layanan energi berkelanjutan dan modern, dengan fokus pada pembangunan kawasan timur Indonesia sebagai simpul pertumbuhan yang baru.

Sebagai bagian dari proyek ini, sistem distribusi kelistrikan akan diperkuat untuk membantu delapan provinsi di Nusa Tenggara dan Sulawesi dalam mendorong kegiatan usaha yang bergantung pada pasokan energi yang stabil, seperti pertanian, perikanan, usaha kecil dan menengah, serta pariwisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Kompas

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES