Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Belajar Demokrasi, SMPN 1 Karanggeneng Helat ''Pilkatosis'' Ketua OSIS

Kamis, 14 September 2017 - 10:05 | 244.27k
Para calon Ketua OSIS SMPN Karanggeneng bersaing dalam Pilkatosis. (Foto: Regita Putri Adilia/TIMES Indonesia)⁠⁠⁠⁠.
Para calon Ketua OSIS SMPN Karanggeneng bersaing dalam Pilkatosis. (Foto: Regita Putri Adilia/TIMES Indonesia)⁠⁠⁠⁠.
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, masa bakti 2017-2018, terasa seperti sistem Pemilihan Umum (pemilu).

Bagaimana tidak, momen pendidikan demokrasi bagi para siswa ini, mulai dari logo Pemilihan Ketua Osis atau (Pilkatosis) yang menyerupai logo yang lazim digunakan dalam Pemilu.

ajp-ardiyanto-nyarFbCTg.jpgPara siswa SMPN 1 Karanggeneng memberikan suaranya di bilik “Pilkatosis”. (Foto: Regita Putri Adilia/TIMES Indonesia)

Tak hanya itu, perangkat panita pemilihan Ketua OSIS juga menggunakan istilah seperti halnya yang digunakan KPU, seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Panitia yang terdiri dari 5 orang anggota PPS diketuai, Panji Dani Ramadhan, dan 7 orang anggota KPPS diketuai, Regita Putri Adilia.

ajp-lamongan2bg2U.jpg

Para pemilik suara yang merupakan bapak-ibu guru, karyawan, dan siswa-siswi SMPN 1 Karanggeneng,  juga masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkatosis.

Tidak ketinggalan, peralatan pemilu pun lengkap tersedia, mulai dari kertas suara, bilik maupun kotak suara hingga tinta untuk penanda pemilik suara yang sudah memberikan haknya dalam pemilihan.

ajp-lamongan40PHCw.jpg

Bahkan, para calon Ketua OSIS juga berdandan ala calon kepala daerah. Mereka berjajar sesuai dengan nomot urut sebagai calon Ketua OSIS SMPN 1 Karanggeneng, yang digeber pada Rabu (13/9/2017) kemarin.

Di halaman utama SMPN 1 Karanggeneng, para siswa berjejer di lapangan, dengan matahari yang menyengat mereka menunggu giliran untuk menyumbangkan pilihannya ke secarik kertas yang berisi nama dan foto calon Ketua OSIS.

“Saat pemilihan ketua OSIS periode 2017/2018 ini dapat dilihat bahwa seluruh pemilih yang terdaftar dalam DPT sangat antusias untuk menyalurkan hak suaranya," ucap satu di antara anggota KPPS, Indah Zulfah Novia.

Dalam Pilkatosis tersebut, calon nomer urut 1, Bagus Badarus Aqso, terpilih sebagai Ketua OSIS SMPN 1 Karanggeneng periode 2017/2018, setelah memperoleh suara terbanyak. Bagus, menjadi penerus tongkat estafet Ketua OSIS yang sebelumnya dijabat Panji Dani Ramadhan.

ajp-lamonganardigkwMD.jpg

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Karanggeneng, R. Chusnu Yuli Setyo menyebut, pemilihan Ketua OSIS pada tahun ini terasa istimewa.

"Saya merasa bangga kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam acara pemilihan ketua OSIS ini. Acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses ucapnya.

Ia menjelaskan, Pilkatosis merupakan salah satu pembelajaran pesta demokrasi untuk para siswa-siswi SMPN 1 Karanggeneng. “Supaya nanti ketika sudah dewasa mereka sudah terbiasa dan tidak kebingungan lagi ketika ditunjuk menjadi panitia dalam pemilu,” kata Chusnu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES