Pendidikan

Unmuh Jember Belajar Layanan Publik ke Kecamatan Panarukan 

Kamis, 14 September 2017 - 09:01 | 52.03k
Rombongan Universitas Muhammadiyah Jember saat mengunjungi ruang pelayanan Kecamatan Panarukan, Rabu, (13/09/2017) (Foto : Uday/TIMES Indonesia).
Rombongan Universitas Muhammadiyah Jember saat mengunjungi ruang pelayanan Kecamatan Panarukan, Rabu, (13/09/2017) (Foto : Uday/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Jember melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, (13/09/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Universitas Muhammadiyah Jember tertarik untuk melakukan studi banding dan ingin bekerjasama dengan Kecamatan Panarukan dalam bidang pelayanan publik dan pemerintahan. 

Rombongan Universitas Muhammadiyah Jember dipimpin langsung Dekan Fisip, Dr. Emy Kholifah R, M.Si dan disambut oleh Sekertaris Kecamatan Panarukan, Sigit Rahajo, S.STP di Ruang Pelayanan.

Menurut Sigit, Kecamatan Panarukan adalah satu satunya kecamatan yang mempunyai sistem pelayanan berbasis elektronik yaitu Sistem Pelayanan Terpadu dengan sebutan "E -Pamandhi".

"Kecamatan Panarukan adalah pilot project dalam menerapkan sistem pelayanan administrasi yang cepat berbasis elektronik, ucapnya. 

Dia menjelaskan pentingnya dokumen administrasi kependudukan bagi masyarakat sebagai syarat pengajuan hal hal penting. 

"Kecamatan Panarukan ingin memastikan data kependudukan benar benar tertib dan tata kelola pelayanan yang elegan," jelas alumni STPDN ini. 

unmuh-jember1OGut.jpg

Selain itu, Emy Kholifah memberikan apresiasi terhadap Kecamatan Panarukan yang sudah mampu memberikan pelayanan berbasis elektronik. Dia ingin menggali dan mengetahui sistem yang diterapkan Kecamatan Panarukan sebagai edukasi dan implementasi pelayanan publik yang terpadu. 

"Kecamatan Panarukan memang patut dijadikan contoh, mampu berinovasi melalui pelayanan administrasi terpadu berbasis digital," ucapnya. 

Setelah kunjungan ini, Universitas Muhammadiyah Jember akan melaporkan dan menyampaikan hasil kunjungannya kepada Rektor Unmuh Jembet untuk melakukan koordinasi dengan Pemkab Situbondo guna menindak lanjuti acara studi banding dan kerjasama dengan Kecamatan Panarukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES