Kesehatan

6 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

Kamis, 14 September 2017 - 04:23 | 118.55k
ILUSTRASI. Daun selada bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: khasiat.co.id)
ILUSTRASI. Daun selada bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: khasiat.co.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Daun selada segar sering digunakan sebagai lalapan yang menemani makanan Anda. Begitu juga dengan hidangan khas Indonesia seperti gado-gado atau asinan. Tak hanya sebagai pelengkap, ternyata daun selada juga memilki banyak manfaat.

Daun selada adalah sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Secangkir daun selada bahkan bisa memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A harian serta 60 persen kebutuhan vitamin K harian Anda. Selain itu, daun selada juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi daun selada? Dilansir dari Hello Sehat, berikut manfaat daun selada untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung
Daun selada kaya akan folat. Di dalam tubuh Anda, folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Sedangkan kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung. Misalnya peyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru.

Di samping itu, selada juga mengandung vitamin A dan C. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.  

2. Merawat kulit
Kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam.Rutin mengonsumsi daun selada yang kaya akan vitamin A dan C bisa membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.  

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel. Maka, rutin makan selada bisa membantu Anda mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Misalnya influenza dan diare.  

4. Mencegah komplikasi kehamilan
Manfaat daun selada bagi ibu hamil dan janin tentu sayang kalau dilewatkan. Pasalnya, daun selada adalah sumber folat yang tinggi. Senyawa folat terbukti dapat menekan risiko kecatatan pada janin. Selada yang kaya akan vitamin K juga mampu mencegah perdarahan setelah persalinan. Pasalnya, vitamin K berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer.  

5. Menjaga kesehatan mata
Khasiat baik vitamin A bagi kesehatan mata tentu sudah tidak asing lagi buat Anda. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan. Selada yang tinggi akan vitamin A bisa membantu Anda menjaga agar mata senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

6. Mencegah tulang keropos
Pembentukan dan kepadatan tulang Anda sangat bergantung pada vitamin K serta kalsium. Jadi mengonsumsi sayuran hijau seperti selada yang kaya akan vitamin K dan kalsium bisa mencegah pengeroposan tulang, osteopenia, atau osteoporosis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES