Kesehatan

Makanan Ini Memicu Sakit Gigi

Kamis, 14 September 2017 - 01:27 | 217.93k
ILUSTRASI. Sakit gigi dapat disebabkan karena makanan tertentu. (Foto: drwolnik.com)
ILUSTRASI. Sakit gigi dapat disebabkan karena makanan tertentu. (Foto: drwolnik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Malas menjaga kebersihan gigi menjadi pemicu sakit gigi. Namun, tidak menjaga kebersihan gigi bukan satu-satunya penyebab sakit gigi. Ternyata makanan dan minuman tertentu juga dapat memicu sakit gigi. Karena itu sebaiknya batasi mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu sakit gigi.

Lalu apa saja makanan dan minuman tersebut? Dilansir dari Vemale, berikut makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Permen
Kalau ingin gigi yang sehat, batasi konsumsi aneka permen dan gula-gula. Atau kalau sudah makan permen dan yang manis-manis, jangan lupa untuk gosok gigi agar gigi tidak berlubang. Kalau ingin menikmati permen, pilih yang kandungan gula atau pemanisnya sedikit.

Teh dan Kopi
Teh dan kopi bisa meninggalkan noda di gigi. Dilansir dari boldsky.com, kandungan asam tanat dalam kopi bisa memengaruhi email gigi dan membuat gigi jadi kekuningan atau kecokelatan. Belum lagi dengan kandungan gula dalam teh atau kopi yang bisa memicu perkembangan bakteri di gigi. Kalau ingin pilihan yang lebih aman, kamu bisa memilih teh hijau yang juga memiliki kandungan mencegah bau mulut serta mencegah gigi berlubang.

Buah-buahan Asam
Kandungan asam buah-buahan bisa membuat lapisan email menipis bahkan bisa membuat gigi berlubang. Namun, bukan berarti kita tak boleh mengonsumsi buah-buahan asam. Yang perlu Anda lakukan adalah pastikan saja setiap kali selesai mengonsumsi buah-buahan asam, Anda berkumur dengan air bersih. Lalu tunggulah 30 menit terlebih dahulu, baru sikat gigi seperti biasa.

Minuman Bersoda
Sebagian besar minuman bersoda mengandung asam yang kurang baik untuk gigi. Selain gula, minuman ringan biasanya mengandung fosfor dan asam sitrat yang dapat menipiskan email gigi. Agar gigi tidak mudah berlubang, minum dan berkumurlah dengan air putih setiap kali selesai menikmati minuman bersoda atau berpemanis.

Acar
Acar biasanya mengandung cuka yang tinggi kandungan asamnya. Kandungan asam tersebut bisa merusak email gigi dan membuat gigi mudah mengalami masalah. Salah satu cara untuk tetap bisa menikmati acar tanpa takut sakit gigi adalah dengan mengonsumsi keju sesudahnya karena kandungan kalsium dalam keju bisa menetralkan kandungan asam dalam cuka.

Keripik
Memang keripik adalah camilan yang paling enak. Tapi hati-hati bila kemudian sisa keripik nyangkut di gigi. Bila gigi tak segera dibersihkan, bakteri bisa berkembang biak dan menyebabkan masalah gigi. Belum lagi dengan kandungan pati dalam keripik yang kemudian akan diubah jadi gula dalam waktu cepat oleh enzim yang terdapat di dalam air liur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES