Peristiwa Internasional

Satu-satunya Lolos Seleksi, Ini Dia Presiden Wanita Pertama Singapura

Rabu, 13 September 2017 - 15:08 | 26.14k
Halimah Yacob, presiden wanita pertama Singapura (Foto: todayonline)
Halimah Yacob, presiden wanita pertama Singapura (Foto: todayonline)

TIMESINDONESIA, SINGAPURA – Pejabat pemilihan umum Singapura mengumumkan Halimah Yacob sebagai satu-satunya kandidat yang lolos seleksi sehingga mantan ketua parlemen itu dinyatakan terpilih sebagai presiden wanita pertama Singapura. 

Dengan tujuan memperkuat keterwakilan di Singapura, maka otoritas setempat menetapkan adanya tempat untuk kandidat dari komunitas minoritas Melayu. Dan pengalaman Halimah sebagai ketua parlemen otomatis membuatnya memenuhi syarat sebagai kandidat presiden.

Departemen pemilihan umum Singapura awal pekan ini mengumumkan jika dari empat calon presiden, dua orang di antaranya bukan dari suku Melayu dan dua lainnya tidak mendapat sertifikat kelayakan.

Warga melayu terakhir yang memegang jabatan presiden Singapura sendiri adalah Yusof Ishak, bahkan gambarnya diabadikan di uang kertas negara.

Yusof adalah presiden pada tahun 1965 hingga 1970, atau tahun-tahun awal kemerdekaan Singapura, namun kekuasaan eksekutif berada pada Lee Kuan Yew, perdana menteri pertama negara itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Reuters

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES