Peristiwa Nasional Konflik Rohingya

Puluhan Ton Bantuan Pangan Rohingya Sudah Dikirim ke Bangladesh

Rabu, 13 September 2017 - 10:48 | 51.47k
Indonesia Kirim Bantuan untuk Rohingya. (Foto: Kantor Berita Kemanusiaan)
Indonesia Kirim Bantuan untuk Rohingya. (Foto: Kantor Berita Kemanusiaan)
FOKUS

Konflik Rohingya

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah RI mengirimkan lebih dari 20 ton bahan pangan sebagai bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh.

"Di kloter pertama itu ada 20 ton. Itu beras saja, belum termasuk gula dan pangan lain," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ditemui di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta saat melepas bantuan kemanusiaan RI untuk pengungsi Rohingya, pada Rabu (13/9).

Menurut Retno, pengiriman pertama kali ini seluruhnya berasal dari pemerintah baik kementerian maupun lembaga. Bantuan bisa bertambah jumlah dan bentuknya mengingat banyaknya pihak yang ingin bersumbangsih bagi pengungsi Rohingya.

"Dalam hal kemanusiaan, pemerintah selalu bersinergi dengan banyak pihak karena banyak yang menyampaikan ingin berkontribusi baik dari pemda, swasta dan organisasi kemanusiaan serta banyak pihak lain," jelas Retno.

Sejumlah bahan pangan, logistik serta tenda darurat dan tanki air darurat diangkut menggunakan empat pesawat C130 Hercules milik TNI AU. Empat pesawat Hercules yang terbang bernomor registrasi A1316, A1335, A1319 dan A1326.

Selain itu, menurut Menlu, akan ada sejumlah unit Hercules lain yang akan menjadi pengangkut bantuan kemanusiaan dari Jakarta-Banda Aceh setiap hari.

Banda Aceh dijadikan "base camp" transit untuk pengiriman bantuan kepada etnis Rohingya di Bangladesh. Rute penerbangan pesawat akan singgah di Banda Aceh sebelum ke Bandara Citagong di Bangladesh.

Kota Citagong merupakan kota yang terdekat dari Kota Cox's Bazar yang menjadi tempat pengungsian etnis Rohingya dari Rakhine, Myanmar Menurut keterangan Menlu, Citagong terletak sejauh 170 km dari Cox's Bazar.

Selain itu, Menlu menjelaskan akan ada sejumlah unit Hercules lain yang akan menjadi  pengangkut bantuan kemanusiaan dari Jakarta-Banda Aceh setiap hari.

Banda Aceh dijadikan "base camp" transit untuk pengiriman bantuan kepada etnis Rohingya di Bangladesh.Rute penerbangan pesawat akan singgah di Banda Aceh sebelum ke Bandara Citagong di Bangladesh.

Kota Citagong merupakan kota yang terdekat dari Kota Cox's Bazar yang menjadi tempat pengungsian etnis Rohingya dari Rakhine, Myanmar Menurut keterangan Menlu, Citagong terletak sejauh 170 km dari Cox's Bazar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES