Selasa, 20 Februari 2018
Kesehatan

Ingat, Cucilah Pakaian Baru Sebelum Dipakai

Ingat, Cucilah Pakaian Baru Sebelum Dipakai ILUSTRASI: Mencuci pakaian. (Foto: Detik)
Rabu, 13 September 2017 - 07:36

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat membeli baju baru, kebanyakan orang pasti ingin langsung memakainya. Entah karena sudah tidak sabar memakai baju baru, atau alasan waktu yang tidak sempat. Kebiasaan pakai baju baru tanpa dicuci, ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan terutama kulit.

Dilansir dari CNN menurut pakar tekstil Lana Hogue, tidak mencuci baju yang baru Anda beli dari butik atau toko akan meningkatkan risiko Anda terkena kuman atau bakteri dari pengunjung toko lain yang sebelumnya mencoba pakaian tersebut. 

Belum lagi bahan-bahan kimia yang digunakan dalam industri tekstil, yang mungkin berbahaya jika bersentuhan langsung dengan manusia.

Zat kimia yang biasanya dipakai dalam industri pakaian dua diantaranya Formaldehyde dan azo-aniline. Banyak kain sintetis yang mendapatkan warnanya dari pewarnaan menggunakan azo-aniline. Zat ini bisa menyebabkan reaksi parah pada kulit yang sensitif atau alergi terhadap zat tersebut.

Formaldehyde berwujud gas tidak berwarna yang diaplikasikan pada beberapa produk pakaian untuk mencegahnya jadi berkerut atau kusut. Zat ini juga mengurangi pembentukan jamur pada kain yang sudah ditumpuk dalam waktu lama.

Houge menjelaskan, pencucian pada pakaian baru menjadi kewajiban karena hampir setiap benang atau kain membutuhkan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Setiap bahan kimia yang dipakai bisa jadi memiliki efek samping pada kulit, seperti dermatitis, ruam, dan gatal, yang dapat mengakibatkan iritasi kulit. 

Sebelum memakai baju baru, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Jika perlu, cucilah lebih dari satu kali. Aplagi untuk baju yang akan dipakai oleh anak-anak dan pada orang dewasa yang kulitnya sensitif.

Dengan mencuci sebelum memakai baju baru, Anda telah menurunkan risiko munculnya kutu, ruam, atau akibat lain yang disebabkan oleh bahan kimia. 

Ingat, jangan coba-coba ya guys (*)

Pewarta : Cindy Aisyah Vuri
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : CNN Indonesia

Komentar

Registration