Gaya Hidup

Bermain di Luar Ruangan, Ini Manfaatnya untuk Anak

Bermain di Luar Ruangan, Ini Manfaatnya untuk Anak ILUSTRASI. Foto: Sumber
Rabu, 13 September 2017 - 06:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak-anak sangat menyukai aktivitas di luar ruangan. Berlarian bersama teman, bermain trampolin di taman atau bersepeda merupakan hal yang sering dilakukan anak saat berada di luar ruangan.

Ternyata bermain di luar ruangan memiliki manfaat untuk anak-anak. Ada dua manfaat penting bermain di luar ruangan menurut Bayu Wijanarko, selaku ELC Toys Expert. Berikut manfaat penting bermain di luar ruangan untuk anak-anak, dilansir dari parenting.co.id.

Menambah kemampuan motorik anak
Saat bermain di luar ruangan, anak-anak menggunakan motorik kasar seperti menendang bola, melempar bola, melompat. Hal ini ternyata dapat meningkatakan kemampuan kinerja otak anak. Di luar rumah, anak dapat secara bebas menstimulasi keterampilan motorik.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi 
Selain menyenangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir anak, tenyata bermain di outdoor juga bisa sebagai sarana anak untuk belajar bersosialisasi. Anak-anak akan belajar berbagi mainan dengan temannya dan akan menyadari bila bermain bersama teman merupakan hal mengasyikan.

Meski memiliki manfaat, anak-anak harus mendapat pengawasan dari orang tua. Perhatikan juga anak-anak bermain yang sesuai dengan usianya, agar anak tetap aman saat bermain di luar ruangan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration