Gaya Hidup

Tak Hanya Harum, Ternyata Kemangi Bermanfaat untuk Kulit

Rabu, 13 September 2017 - 03:39 | 40.70k
ILUSTRASI: Manfaat Daun Kemangi. (Foto: Cara Memutihkan Wajah)
ILUSTRASI: Manfaat Daun Kemangi. (Foto: Cara Memutihkan Wajah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemangi, tanaman yang memiliki wangi khas ini sering dijadikan pendamping lalapan atau masakan lainnya agar lebih sedap. Namun, fungsi kemangi sebenarnya tak hanya untuk membuat masakan kita semakin sedap. Kemangi mengandung vitamin, protein, dan nutrisi lain yang sangat tinggi, karena itu kemangi bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit kita. Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat kemangi untuk kulit.

1. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat
Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah. Kemangi bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah.

Caranya, ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

2. Kulit bercahaya
Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah Anda dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

3. Menyamarkan bekas luka pada kulit
Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka pada kulit wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air.

4. Mengobati luka infeksi
Daun kemangi memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit.

Caranya, ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air. 

5. Mencegah penuaan
Daun kemangi dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulit Anda secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda.

Caranya, ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus. Lalu tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata. Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih. Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES