Kesehatan

Sering Konsumsi Makanan Kemasan, Ini Dampak Buruknya

Rabu, 13 September 2017 - 00:25 | 62.27k
ILUSTRASI: Memilih Makanan (Foto: Okezone Lifestyle)
ILUSTRASI: Memilih Makanan (Foto: Okezone Lifestyle)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan kemasan siap saji menjadi pilihan para pekerja full time. Ini karena makanan siap saji hanya membutuhkan waktu singkat untuk menyajikannya. Meski tampak praktis, makanan kemasan siap saji bukanlah pillihan yang tepat. Dampak buruk dalam jangka panjang akan mengintai jika terlalu sering mengonsumsi makanan kemasan siap saji.

Mengonsumsi makanan kemasan siap saji secara terus menerus akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Dalam pengolahannya, makanan ini banyak menggunakan bahan kimia seperti, pewarna makanan, asam benzoat, monosodium glutamate, formalin (pada makanan tertentu), serta bahan lilin yang digunakan sebagai pelapis makanan agar tidak lengket.

Lalu apa saja dampak terlalu sering konsumsi makanan kemasan siap saji? Berikut ulasannya yang behasil dirangkum TIMES Indonesia.

1. Menyebabkan kanker
Bahan bahan kimia yang kita konsumsi di makanan kemasan akan menumpuk dalam jaringan tubuh. Efek yang kita rasakan memang tidak langsung saat kita mengonsumsinya, melainkan setelah beberapa tahun. Ini karena bahan kimia sangatlah sulit dinetralisir oleh tubuh sehingga sedikit demi sedikit akan menggumpal dan menjadi embrio kanker. 

2. Menyebabkan stroke
Garam nitart dan garam nitrit sering digunakan dalam makanan kemasan. Penggunaan yang berlebihan pada kedua bahan ini dapat menyumbat aliran darah dan mempengaruhi kelancaran fungsi arteri. Jika hal ini dibiarkan maka akan menghalangi fungsi pembuluh arteri dan menyebabkan gejala stroke ringan. 

3. Penyumbatan usus
Karbohidrat menjadi sebagian besar dasar dari bahan pokok makanan kemasan. Penggunaan bahan ini dicampur dengan bahan kimia yang lain maka akan menempel pada dinding usus. Jika hal ini terjadi secara berkala maka akan menyebabkan penyumbatan atau luka pada usus.

4. Meningkatkan tekanan darah
Makanan kemasan sangatlah gurih saat kita santap. Namun, di balik kegurihan yang dihasilkan ternyata mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah bagi pengonsumsi. 

Agar kita memiliki raga yang sehat, kita harus senantiasa menjaga kesehatan. Mengurangi konsumsi makanan kemasan siap saji adalah salah satunya. Selain itu, berolahraga dan selalu konsumsi makanan sehat juga bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES