Tekno

Bingung Membeli Laptop, Ini Cara Cerdas Memilihnya

Rabu, 13 September 2017 - 02:13 | 93.84k
ILUSTRASI: Beli Laptop (Foto: Jalan Tikus)
ILUSTRASI: Beli Laptop (Foto: Jalan Tikus)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak para konsumen komputer kurang paham dengan kebutuhan yang diperlukan. Bahkan mereka membeli perangkat komputer ini karena tergiur iklan. Alhasil, mereka terjebak pada merek perangkat komputer yang tidak dapat memberikan jaminan kepuasan. 

Agar hal ini tak terjadi, para konsumen harus benar-benar jeli membeli perangkat komputer. Berikut hal yang harus diperhatikan saat akan membeli perangkat komputer yang berhasil dihimpun TIMES Indonesia.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan
Sebelum membeli perangkat komputer, pastikan memiliki kriteria yang sesuai untuk Anda gunakan sehari-hari. Misalnya Anda ingin membeli perangkat komputer untuk design, maka carilah spesifikasi yang mendukung untuk design. Selain spesifikasi, sesuaikan juga dengan daya beli Anda.

2. Pilih toko dengan banyak pilihan barang
Jika Anda memilih toko yang hanya menyediakan satu merek, maka Anda tidak akan mengetahui kekurangan serta kelebihan dari merek yang lain. Sebaiknya, pilihlah toko yang menjual berbagai merk untuk perbandingan. 

3. Mengetahui spesifikasi perangkat komputer
Spesifikasi laptop atau komputer menjadi hal penting. Sebelum membeli perangkat komputer sebaiknya Anda mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan spesifikasi perangkat komputer.


Processor
Semakin banyak core yang terdapat dalam prosesor tersebut maka komputer atau laptop tersebut semakin baik. 

Random Acces Memory (RAM) 
Peripheral satu ini yang mendukung kinerja processor, semakin besar kapasitas RAM maka kinerja processor akan semakin maksimal. 

Video Graphic Adapter (VGA) 
Alat ini berfungsi sebagai output graphic semakin besar kapasitasnya semakin bagus,  halus dan tajam visual yang di hasilkan. 

Hard Disk Drive (HDD) 
HDD berfungsi sebagai media penyimpanan, hal penting yang harus diperhatikan yaitu Rotation Per Minutes (RPM). Semakin tinggi RPM maka semakin cepat akses data yang anda simpan.

Untuk keluaran terbaru sebagai media penyimpanan telah keluar produk Solid State Drive atau Solid State Disk (SSD) dengan kecanggihan yang dimiliki SSD alat ini memiliki kecepatan transfer data lebih cepat di bandingkan dengan HDD serta tidak menggunakan cakram lagi sebagai penyimpanan melainkan menggunkan serangkai IC seperti yang digunakan pada flasdisk. 

Motherboard (MOBO) 
MOBO adalah induk dari semua peripheral. Motherboard ini memilki fungsi utama, yaitu sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer, seperti Processor atau CPU (Baca : Fungsi CPU), chipset, RAM, Harddisk, VGA, LAN Card, dan juga semua socket-socket dan juga slot dari sebuah komputer.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui agar laptop atau notebook yang Anda beli dapat memenuhi kebutuhan yang anda inginkan. Cermat dan telitilah sebelum membeli perangkat komputer, terutama komputer rakitan yang menuai besarnya potensi kecurangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES