Pendidikan

Mantan TNI Tularkan Bisnis Pertanian pada Taruna STPP

Senin, 11 September 2017 - 22:36 | 59.44k
Kuliah tamu oleh praktisi pertanian di kampus STPP Malang. (Foto: Fery/TIMES Indonesia)
Kuliah tamu oleh praktisi pertanian di kampus STPP Malang. (Foto: Fery/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang menghadirkan praktisi pertanian unuk mengisi kuliah tamu,  Senin (11/9/2017).

Dia bernama Wayan Supadno seorang pengusaha di bidang pertanian. Sebelumnya dia mengawali karirnya sebagai prajurit TNI. Selain sebagai prajurit Wayan juga membangun bisnis yang kebanyakan dari komoditas pertanian. Seperti beras, cangkang sawit, pinang, dan ikan mas.

Setelah sukses ia memberanikan diri untuk pensiun dini sebagai prajurit. Dan selanjutnya lebih serius menjalankan bisnis pertaniannya.

Di hadapan 450 taruna STPP Malang di Aula Sasana Giri Sabha, Wayan membeberkan kiat-kiat menuju sukses menjadi pengusaha di bidang pertanian.

Kuliah-TamuDBalr.jpg

Wayan memulai kuliahnya dengan berinteraksi dengan taruna, ia menanyakan seberapa besar keinginan taruna untuk menjadi pengusaha. Hampir seluruh taruna berkeinginan menjadi pengusaha pertanian. 

Menjadi pengusaha, kata Wayan kuncinya berani mencoba. "Berani mencoba, tidak putus asa, gagal mencoba lagi gagal mencoba lagi adalah kunci menuju sukses. Jangan takut mencoba," kata Wayan membakar semangat taruna.

Tak hanya itu, Wayan juga berpesan agar taruna membekali diri dengan intelektual, kemampuan, kecerdasan, dan mencintai apa yang dilakukan. 

maba-stppE0fUN.jpg

"Hari ini cintai kuliah kalian, jadikan bekal tumbuhkan jiwa inovatif maka modal minim sudah digenggaman," tambahnya. 

Kuliah tamu ini sejalan dengan misi Kementerian Pertanian untuk melakukan regenerasi petani, menjadikan pelaku pelaku pertanian yang sukses. Termasuk dapat menularkan, menyampaikan dan mengajak yang lainnya ikut menjadi sukses. Membangun pertanian menjadi pengusaha sektor pertanian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES