Gaya Hidup

Rambut Sehat dan Lebat dengan 4 Makanan Ini

Selasa, 12 September 2017 - 04:24 | 48.41k
ILUSTRASI: Rambut Sehat dan Lebat. (Foto: Clear/Cantik n Sehat)
ILUSTRASI: Rambut Sehat dan Lebat. (Foto: Clear/Cantik n Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak menginginkan rambut subur dan lebat? Pasti setiap orang menginginkannya. Rambut yang subur dan lebat dapat menunjang penampilan menjadi lebih menarik. Demi tujuan itu, berbagai cara dilakukan, mulai dari mengonsumsi suplemen hingga melakukan perawatan rambut.

Selain suplemen dan perawatan rambut, Anda dapat mengonsumsi makanan tertentu agar rambut tumbuh lebat. Dilansir dari Klik Dokter, berikut makanan yang dipercaya dapat memicu pertumbuhan rambut.

Kacang
Folikel rambut terbuat dari protein, karena itu sebaiknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang merah, kacang pinto dan varietas kacang lainnya yang banyak mengandung protein. Hal ini sangat tepat dilakukan terutama jika Anda sedang menerapkan pola makan vegetarian yang tidak memungkinkan Anda mengonsumsi telur, ikan atau daging.

Brokoli
Brokoli memiliki kandungan protein yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Menurut Leonard Bjeldanes, profesor ilmu gizi dan Gary Firestone, profesor biologi molekuler di UC Berkeley, brokoli memiliki enzim yang disebut indole atau I3C, yang diubah menjadi diindolylmethane selama pencernaan. Diindolylmethane terbukti dapat menghambat tindakan DHT, metabolit pada testosteron yang telah dikaitkan dengan pola kebotakan laki-laki.

Wortel
Wortel adalah sumber vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala secara umum. Selain itu, wortel juga berperan dalam produksi sebum, seperti halnya bayam yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut lebih cepat, melalui produksi sebum yang sehat.

Kedelai 
Kedelai dan semua produk olahan kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga sifat utama diantaranya, ALA atau asam alfa linolenat, EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Ketiganya bisa membantu menumbuhkan rambut dengan meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dari dalam ke luar, sambil membuat rambut lebih penuh dan lebih tebal.

Selain mengonsumsi makanan di atas, agar rambut lebat dan sehat Anda harus merawat rambut dengan baik. Hindari terlalu sering memakai pengering rambut dan memakai produk yang mengandung bahan kimia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES