Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,307 • USD → IDR Beli: 13,321
  • EUR → IDR Jual: 15,495 • EUR → IDR Beli: 15,515
  • HKD → IDR Jual: 1,704 • HKD → IDR Beli: 1,706
  • JPY → IDR Jual: 119 • JPY → IDR Beli: 119
  • AUD → IDR Jual: 10,531 • AUD → IDR Beli: 10,548
  • SGD → IDR Jual: 9,754 • SGD → IDR Beli: 9,772
  • Emas Jual → 550,000 • Emas Beli → 528,000
  • Perak Jual → 10,300
  • Update Tanggal 22-07-2017

Awas, Berlebihan Konsumsi Buah Bisa Berbahaya

Home / Kesehatan / Awas, Berlebihan Konsumsi Buah Bisa Berbahaya
Awas, Berlebihan Konsumsi Buah Bisa Berbahaya ILUSTRASI: Berlebihan Konsumsi Buah. (Foto: Nova - Grid.ID)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah-buahan memiliki bayak manfaat untuk tubuh. Karena itu kita disarankan untuk selalu konsumsi buah secara rutin. Namun, meski memiliki banyak manfaat, konsumsi buah juga perlu dibatasi. Makan buah secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh. Berikut bahaya terlalu banyak konsumsi buah, dilansir dari Klik Dokter.

Mengganggu Sistem Pencernaan
Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat berguna untuk menjaga pencernaan dan melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda. Namun, terlalu banyak makan buah membuat tubuh menerima serat dalam jumlah berlebihan. Alih-alih menjaga pencernaan, terlalu banyak mengonsumsi serat malah dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

Menyebabkan Diabetes
Buah mengandung beragam zat yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah kandungan gula alami yang disebut fruktosa. Meski alami, Anda tetap perlu mengontrol dan menghindari konsumsi fruktosa tersebut secara berlebihan. Mengonsumsi gula (termasuk fruktosa) secara berlebihan dapat memicu berbagai penyakit. Salah satu dampak terlalu banyak mengonsumsi gula adalah meningkatnya kadar gula dalam darah yang berujung pada diabetes.

Lalu berapa porsi yang tepat konsumsi buah setiap harinya? Anjuran mengonsumsi buah yang baik adalah sebanyak dua sampai tiga porsi dalam satu hari, dan dengan jenis buah yang beragam.

Jika mengikuti pedoman gizi seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 400-600 gram buah dan sayuran. Sementara pada anak balita hingga usia sekolah, kebutuhan buah dan sayur adalah 300-400 gram per hari. Sekitar dua per tiga dari jumlah anjuran konsumsi sayuran dan buah tersebut adalah porsi sayur. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com