Kamis, 22 Februari 2018
Kesehatan

Makan Sambil Tiduran, Ini Bahayanya

Makan Sambil Tiduran, Ini Bahayanya ILUSTRASI: Makan Sambil Tiduran. (Foto: Hello Sehat)
Selasa, 12 September 2017 - 05:29

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makan sambil tiduran menjadi kegiatan yang asyik dilakukan saat bersantai. Usai kerja seharian, kebiasaan makan sambil berbaring ini sering dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah. Meski nyaman dilakukan, ternyata kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan Anda. Dilansir dari Hello Sehat, berikut bahaya kebiasaan makan sambil tiduran.

Asam Lambung Naik
Makan sambil tiduran merupakan faktor risiko dari refluks asam lambung (GERD). Refluks asam lambung adalah kondisi gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan rasa asam di mulut dan rasa terbakar di dada. Ketika Anda makan sambil tiduran, gaya gravitasi akan melonggarkan klep sehingga menyebabkan asam makanan yang sudah tercerna dalam perut mengalir balik ke dalam kerongkongan. 

Perut Begah
Makan sambil tiduran memperlambat pergerakan makanan untuk menuju lambung setelah ditelan sehingga lama kelamaan menumpuk, yang pada akhirnya jadi memperlambat kerja sistem pencernaan. Stres yang diterima oleh sistem pencernaan ini membuat dinding perut kaku, yang meningkatkan tekanan pada perut bagian bawah. 

Berat Badan Naik
Saat Anda makan sambil tiduran dan disibukkan oleh kegiatan lain, nonton TV misalnya, Anda tidak dapat mengukur seberapa banyak kalori yang Anda telan. Ini menyebabkan Anda mungkin makan terlalu banyak melewati batas kenyang Anda tanpa disadari sehingga berat badna Anda bisa cepat naik. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration