Kuliner

Banyuwangi Siapkan 5000 Benih Durian Merah

Banyuwangi Siapkan 5000 Benih Durian Merah ILSUTRASI: Durian Merah (Foto: goodnews)
Senin, 11 September 2017 - 06:05

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bicara durian merah, selalu identik dengan Banyuwangi. Warna yang menawan serta sensasi rasa legit yang khas, telah membuatnya populer hingga seantero dunia.

Nah, sebagai langkah pelestarian dan pengembangan hortikultura, tahun ini Pemerintah Daerah setempat akan memperbanyak bibit jenis durian langka tersebut hingga 5000 buah.

Pengembangan dilakukan pada varietas Balqis dan Sunrise of Java (SOJ) dari pohon induk yang telah terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).

Dan kabar baiknya, kedua varietas secara resmi telah diberi tanda daftar milik Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian.

“Kami akan mengakselerasi pengembangan durian merah. Dengan memperbanyak benih tentu produksi bisa meningkat di masa-masa mendatang,” ucap Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Duplikasi pohon induk durian Balqis, lanjutnya, juga akan dilakukan demi pengamanan plasma nutfah durian. Saat ini, di Banyuwangi telah ditetapkan lima wilayah sentra pengembangan durian merah. Yakni, Kecamatan Kalipuro, Licin, Glagah, Giri, dan Songgon.

“Lima kecamatan itu dipilih sesuai asal pohon induk. Daerah - daerah itu memiliki topografi yang sesuai untuk pengembangan komoditas durian merah,” pungkasnya. (*)

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration