Selasa, 20 Februari 2018
Kesehatan

Alasan Olahraga Jaga Otak Tetap Sehat

Alasan Olahraga Jaga Otak Tetap Sehat ILUSTRASI: Lari Pagi (Foto: istimewa)
Senin, 11 September 2017 - 01:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif seseorang, sekalipun usia orang itu menua. Mengenai hal ini, para peneliti berhasil menemukan alasannya.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise itu, olahraga jenis aerobik meningkatkan kesehatan vaskular. Kondisi ini berdampak pada peningkatkan kemampuan kognitif seseorang di masa depan.

Untuk sampai pada temuan itu, para peneliti dari Universitas Texas meminta sejumlah partisipan melakukan olahraga aerobik dengan tingat tinggi selama empat hari atau tujuh jam dalam seminggu.

Sementara partisipan lainnya diminta melakukan olahraga kurang dari sejam seminggu.

Hasil penelitian memperlihatkan, partisipan yang melakukan olahraga tujuh jam dalam seminggu memiliki fungsi vaskular atau aliran darah ke otak yang lebih baik dibandingkan mereka yang lebih banyak diam.

Penulis studi, Dr. Martha Pyron mengatakan, orang di usia pertengahan yang melakukan olahraga terutama lari memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Begitu juga kemampuan kognitifnya, demikian dilansir Antara dari Indian Express. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : Antara News

Komentar

Registration