Gaya Hidup

Ini Cara Elegan Minum Teh ala Bangsawan

Minggu, 10 September 2017 - 08:40 | 228.82k
Azizah Algadrie mengajarkan teknik tea manner ala UK di acara 1st Anniversary Heracate Cafe, Marvell City, Surabaya, Sabtu (9/9/2017). (Foto: Istimewa)
Azizah Algadrie mengajarkan teknik tea manner ala UK di acara 1st Anniversary Heracate Cafe, Marvell City, Surabaya, Sabtu (9/9/2017). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada aturan minum teh agar nampak elegan. Cara tersebut dinamakan tea manner, meliputi penyajian, cara seduh, hingga pose duduk yang benar.

Teh diseduh dengan seteko air panas, susu, dan gula. Saat acara minum teh, tuan rumah menyiapkan cangkir, alas cangkir, sendok teh, dan sebuah celemek besar. 

Teh disajikan di tempat duduk dan meja yang rendah. Jika diundang, tuan rumah menuangkan teh ke dalam cangkir, sedangkan tamu bisa memberi gula maupun susu sendiri.

Susu dicampur dengan teh hitam, kemudian gula baru dicampur dengan teh dan susu. Cara mengaduk dengan sendok teh berlawanan arah dari depan ke belakang, bukan diputar. Teknik ini dinamakan traditional tea.

"Traditional tea memang seperti itu. Setelah tuan rumah memberikan teh nya, milk (susu) dan gula dituang oleh tamu," jelas Azizah Algadrie, Personality Coach dan Motivator.

Cara duduk tamu tegak, langsung menata celemek di atas pangkuan. Pegang pegangan cangkir, kemudian bawa ke dekat mulut jangan sampai kepala menunduk mendekati cangkirnya.

Sebagai hidangan pelengkap, kue scones hangat, roti lapis atau sandwich dan berbagai macam roti kering (pastries) disajikan bersama dengan teh hitam.

Kue scones berbentuk bulat dan empuk, dibelah dengan tangan lalu dimakan per belah bukan setangkup. Tidak dimakan memakai garpu atau sendok, tetapi cukup memakai tangan.

"Tea manner sangat menarik sekali oleh karena itu saya mengajarkannya," tambah wanita cantik ini.

Tea manner mengadopsi tradisi minum teh dari United Kingdom (UK). Mereka menikmati traditional tea sebanyak 165 ml cup per hari, dikenal dengan sebutan having tea, dan bukan afternoon tea yang notabene diklaim sebagai gaya hidup para bangsawan Inggris di abad ke-18.

Menurut sejarahnya, tradisi minum teh seperti afternoon tea mulai terkenal sejak 150 tahun yang lalu, yaitu sekitar tahun 1800-an. 

Awalnya dilakukan sebagai cara sosialisasi kaum konglomerat di Inggris. Mereka akan mengundang teman-temannya untuk menikmati teh beserta hidangan roti-roti kering jelang pukul empat sore.

Saat itu kaum pekerja tidak memiliki waktu untuk merasakan afternoon tea. Namun mereka memiliki sesi minum teh tengah malam yang disebut high tea.

Saat ini, high tea tidak terlalu terkenal karena budaya tersebut lebih sering dilakukan oleh kalangan bawah. 

Karena kalangan bawah adalah pekerja, mereka tidak mempunyai waktu untuk melakukan afternoon tea. Sebagai gantinya, mereka melakukan tradisi minum teh sekitar jam 6 sore yang sekarang lebih dikenal sebagai dinner atau supper atau makan malam.

Saat ini tradisi minum teh tidak cuma dinikmati kalangan atas saja, siapapun bisa mencoba menikmati teh bersama keluarga maupun sahabat dengan mempelajari teknik tea manner yang ternyata cukup mudah untuk diikuti. Rasakan sensasi minum secangkir teh ala bangsawan Inggris yang legendaris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES