Gaya Hidup

Teh Bermanfaat sebagai Peredam Stres 

Minggu, 10 September 2017 - 07:46 | 35.19k
ILUSTRASI. (Foto: Vemale/tadungkung)
ILUSTRASI. (Foto: Vemale/tadungkung)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nikmatnya minum teh. Dengan rasa dan aroma segar, teh menjadi minuman yang disukai banyak kalangan. Tapi, tak banyak yang menyadari jika manfaat teh akan luntur jika salah cara mengkonsumsi.

Seduh teh dengan air panas untuk merangsang hormon bahagia (endorfin). Air panas bisa mengeluarkan anti oksidan lebih banyak daripada ketika menyeduh teh menggunakan air dingin. 

Kandungan polifenol dalam secangkir teh, menghasilkan efek peredam stres dan merilekskan pembuluh darah. 

"Teh mampu mencegah stres dan penyakit kronis jika dikonsumsi dengan benar," terang Moch Aldis Ruslialdi, selaku Certified Nutrition Wellnes Consultant from American Fitness and Professional Association, saat dijumpai dalam acara 1st Anniversary of Heracate Cafe, Marvell City, Surabaya, Sabtu (9/9/2017).

Tren minum teh, menurut Aldis, semakin aneh ketika dinikmati bersama gula dan makanan yang tidak sehat seperti gorengan.

"Mulailah minum teh tanpa gula, atau menggunakan gula rendah kalori. Jangan sampai minum teh dibarengi gula yang banyak, nikmati teh saat sendiri dan tenang agar terkontrol," jelas pakar nutrisi ini.

Selain peredam stres, teh juga bisa menurunkan berat badan karena mengandung EGCG (Epigallocatechin gallate). 

Zat pada daun teh tersebut berfungsi sebagai katalis untuk mempercepat peluruhan lemak. Namun tetap harus diimbangi dengan olahraga untuk mempercepat penurunan berat badan.

Teh menjadi minuman sehat karena tidak mengandung kalori dibandingkan minuman bersoda. Saat ini tradisi menyeduh teh tidak cuma dari daun teh saja. Melainkan blending (campuran) dari beberapa tumbuhan herbal. Seperti bunga rosella dan jahe. 

Teh herbal berfungsi sebagai pengganti jamu yang lebih praktis dan modern. Dikemas dalam tea blending, campuran ekstrak tumbuhan herbal dalam bentuk teh, seperti akar dan daun herbal, dijadikan ekstrak teh untuk kesehatan dan kecantikan. 

"Teh merupakan minuman rendah kalori tanpa campuran. Zat aktif dari herbs (rempah herbal) dicampurkan dengan zat lain seperti cabai, apel, dan stroberi kering, atau bunga rosella sebagai penangkal kanker," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES