Gaya Hidup

Tidur dengan Suhu Dingin Ternyata Banyak Manfaat Lho

Minggu, 10 September 2017 - 04:31 | 45.68k
Manfaat tidur denga suhu ruangan dingin (Foto: TheInsomniaClinic, Chartvalley / Desain Ilustrasi TIMES Indonesia)
Manfaat tidur denga suhu ruangan dingin (Foto: TheInsomniaClinic, Chartvalley / Desain Ilustrasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suhu kamar tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Anda yang terbiasa tidur dengan suhu dingin bisa bernapas lega. Pasalnya, tidur di ruangan yang dingin atau sejuk punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dihimpun TIMES Indonesia, berikut manfaat tidur dengan suhu dingin.

Membuat Anda Terlihat Awet Muda
Tidur di ruangan yang lebih hangat dari 22 derajat celcius dapat menghambat tubuh melepaskan melatonin, salah satu hormon anti penuaan terbaik yang dimiliki tubuh. Begitu kita tertidur dalam kegelapan total dalam suhu ruang yang dingin, tubuh akan lebih mudah melepaskan melatonin.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Menurut dokter naturopati Natasha Turner, saat suhu tubuh kita turun dan hormon pertumbuhan dilepaskan, hormon stres kortisol juga akan menurun. Bila kita tidak cukup tidur, kita akan terbangun dengan kadar kortisol tinggi, yang artinya akan lebih mungkin merasa kelaparan dan mengalami kecemasan yang meningkat.

Menurunkan Risiko Penyakit Metabolik
"Satu studi menemukan bahwa tidur di kamar dengan suhu 19 derajat celcius dapat membantu mencegah penyakit metabolik tertentu, seperti diabetes. Peserta studi tidak hanya membakar lebih banyak kalori, tapi juga hampir dua kali lipat memiliki jumlah lemak cokelat, yaitu lemak yang memungkinkan tubuh menyimpan lebih sedikit kalori. Seiring waktu, hal ini bisa menurunkan risiko penyakit metabolik," kata Winter.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Anda yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia sangat disarankan untuk tidur di ruangan yang dingin. Penelitian dari University of South Australia menemukan bahwa tidur dengan ruangan dingin akan mengurangi derita tak bisa tidur pada orang insomnia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES