Kesehatan

Deteksi Kanker Sejak Dini, Ini Caranya

Minggu, 10 September 2017 - 05:29 | 41.96k
Mendeteksi kanker sejak dini (Foto: pluspng, lanouvelle, rs-jih / Desain Ilustrasi TIMES Indonesia)
Mendeteksi kanker sejak dini (Foto: pluspng, lanouvelle, rs-jih / Desain Ilustrasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sampai saat ini kanker masih dianggap penyakit yang paling mematikan dan membahayakan. Namun, sebenarnya sekarang sudah banyak penderita kanker yang berhasil menjalani pengobatan dengan baik dan akhirnya terlepas dari jeratan kanker. Salah satu kuncinya adalah dengan mendeteksi kanker sejak dini.

Mendeteksi kanker sejak dini sudah terbukti meningkatkan angka keberhasilan pasien yang sembuh. Tak hanya membuat pengobatan kanker lebih mudah dan efektif saja, tetap hal ini juga dapat mencegah sel-sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Bagaimana cara mendeteksi kanker? Dilansir dari Hello Sehat berikut cara mendeteksi kanker sejak dini.

Melakukan Pemeriksaan
Ada beberapa pemeriksaan medis yang harus dilakukan secara berkala, seperti misalnya mamografi untuk kanker payudara, pap smear untuk kanker serviks, dan kolonoskopi untuk kanker paru-paru. Semua jenis pemeriksaan tersebut sebenarnya harus dijalani sedikitnya satu kali dalam setahun. Apalagi, semakin bertambah usia, maka risiko untuk terkena kanker juga semakin besar.

Ketahui Riwayat Keluarga
Mengetahui riwayat kesehatan keluarga penting dilakukan agar Anda lebih waspada jika memang ada salah satu anggota keluarga Anda yang mengalami kanker. Riwayat keluarga adalah salah satu faktor risiko dari semua jenis kanker. Pada beberapa kanker, seperti kanker payudara, telah terbukti bahwa kanker dapat diturunkan ke generasi selanjutnya. Sementara kanker yang lainnya belum terbukti.

Kenali Tubuh Anda
Anda adalah orang pertama yang harus tahu adanya perbedaan atau perubahan yang terjadi di tubuh Anda sendiri. Beberapa jenis kanker padat, biasanya menimbulkan benjolan atau pembengkakan. Bila Anda menemukan ada bagian tubuh Anda yang membengkak tiba-tiba, jangan remehkan hal tersebut. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Mengendalikan Faktor Risiko Lainnya
Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengendalikan faktor risiko yang dapat membuat Anda rentan terkena penyakit kanker. Anda bisa mengendalikannya dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, minuman beralkohol, konsumsi makanan siap saji terlalu berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES