Gaya Hidup

Minum Banyak Air Membuat Kulit Wajah Lebih Kencang?

Minggu, 10 September 2017 - 06:36 | 89.81k
Ilustrasi  (Foto: hallo sehat)
Ilustrasi (Foto: hallo sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Minum banyak air putih dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan mulus. Karena itu banyak yang menyarankan untuk banyak minum air putih agar mendapatkan kulit wajah mulus seperti artis Korea. Benarkah hal ini?

Dilansir dari Kompas, meski minum cukup air sangat penting bagi kesehatan, ternyata hanya sedikit bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum air bermanfaat bagi kulit. Kajian dari Clinics in Dermatology menemukan, hanya ada satu penelitian yang menyimpulkan manfaat jangka panjang konsumi air pada kesehatan kulit.

Diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science, tim peneliti menyebutkan minum 2,25 liter air setiap hari selama 4 minggu akan meningkatkan kepadatan dan ketebalan kulit. Tetapi hasil risetnya dianggap ambigu.

Sementara itu, studi lain yang dilakukan tim dari Universitas Missouri-Columbia, AS, menunjukkan, minum 500 ml air akan melancarkan sirkulai darah ke kulit. Tapi, ini juga tidak bisa membuktikan penampilan kulit jadi lebih baik.

Para ahli dermatologi menyebutkan, bahwa yang terbaik dalam menjaga kulit tetap segar dan halus adalah mengoleskan pelembab pada kulit. Ini karena pelembab memiliki formula untuk mencegah penguapan air dari kulit. Pilih juga produk pelembab yang memiliki humektan (kandungan yang membuat air membentuk lapisan di kulit).

"Minum banyak air hanya akan berpengaruh pada kulit jika kita sangat dehidrasi. Lagi pula, kulit terhidrasi lewat dua cara, yaitu produksi minyak alami atau krim dan losion yang dioleskan," kata Joel Schlessinger, ahli dermatologi.

Menurut Joel, konsumsi cukup air hanya berdampak pada jaringan dalam, bukan untuk memperbaiki kondisi kulit. Penampilan kulit dipengaruhi banyak faktor, mulai dari hormonal, genetik, gaya hidup, pola makan, olahraga, hingga pilihan produk skin-care. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES