Gaya Hidup

Rambut Beruban di Usia Muda? Ini Penyebabnya

Sabtu, 09 September 2017 - 06:38 | 70.33k
ILUSTRASI: Rambut beruban. (Foto: SulSel Satu)
ILUSTRASI: Rambut beruban. (Foto: SulSel Satu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut beruban di usia muda bisa membuat orang yang mengalaminya gelisah. Uban yang muncul sebelum waktunya itu dikhawatirkan akan membuat penampilan lebih tua dari usia sebenarnya. Ada banyak penyebab mengapa rambut beruban pada usia muda. Berikut penyebab rambut beruban di usia muda yang berhasil dihimpun TIMES Indonesia.

Penyakit Tiroid
Salah satu penyebab munculnya uban di rambut yaitu penyakit tiroid. Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban prematur. Jadi, pastikan untuk memeriksa kadar tiroid anda jika tiba-tiba muncul uban.

Stres
Stres dapat menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin dihasilkan oleh sel melanosit. Rambut akan berubah menjadi berwarna putih karena melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Kekurangan vitamin B12
Defisiensi B12 berhubungan erat dengan munculnya uban rambut prematur. Vitamin B12, seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya, selalu sertakan makanan yang kaya vitamin B12 dalam diet Anda.

Genetik
Faktor gen dapat mempengaruhi munculnya uban di usia muda. Catatan tubuh tentang rambut putih tersimpan dalam kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anak. Artinya, jika orang tua memiliki masalah rambut beruban di usia muda maka kemungkinan besar masalah tersebut juga akan diturunkan pada anak atau cucunya.

Kekurangan vitamin C dan E
Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan E, maka rambut anda akan berubah menjadi abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut mereka dapat mengurangi jumlah sel-sel yang betugas menghasilkan melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

Merokok
Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia dini. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin.

Junk Food
Selain merokok, gaya hidup lain yang tidak menyehatkan adalah sering mengkonsumsi junk food. Junk food atau makanan olahan dapat mempercepat penuaan rambut dengan mengurangi produksi melanin. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food cenderung memiliki rambut beruban di usia muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES