Kesehatan Sehat Bersama RSUD Blambangan

Pentingnya Mempertahankan Gigi di Dalam Rongga Mulut

Pentingnya Mempertahankan Gigi di Dalam Rongga Mulut drg Ceples Dian Kartika WP. Sp.KG, Spesialis Konservasi Gigi RSUD Blambangan, Banyuwangi. (Foto: TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 September 2017 - 17:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berobat rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi, belum begitu familiar di beberapa lapisan masyarakat. Yang sering terjadi adalah berobat ke dokter gigi saat sakit atau gigi terasa tidak nyaman. Tak pelak, saat itu kondisi sakit gigi sudah parah. Atau gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Apalagi memang sudah sering merasakan sakit di gigi serta bengkak digusi berkali-kali.

Ada anggapan bahwa saat sakit gigi, akan lebih enak jika dicabut, karena sakitnya pasti hilang. Hal inilah yang perlu diluruskan. Karena dengan gigi hilang atau dicabut dan tidak dilakukan perawatan lebih lanjut, justru akan menyebabkan masalah yang berkelanjutan. 

Gigi-geligi adalah bagian dari sistem mastikasi (Pengunyahan). Pengertian sistem mastikasi adalah suatu sistem di daerah stomatognati yang mempunyai fungsi komplek dan sangat bervariasi, yang melibatkan kerjasama dari sistem saraf, otot-otot kunyah, rahang atas dan rahang bawah, gigi-geligi, seluruh jaringan lunak rongga mulut dan bibir.

Adanya gangguan dari salah satu unsur tersebut akan dapat berakibat terganggunya sistem mastikasi. Adapun faktor penyebab gangguan fungsi mastikasi salah satunya adalah:

Kehilangan Gigi-geligi. Tanpa gigi, manusia tidak dapat mencerna makanan dan berakibat terjadi penurunan efisiensi mengunyah.

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

Komentar

Registration