Kesehatan

Ini Lima Bahayanya Mengkonsumsi Kerupuk Berlebih

Ini Lima Bahayanya Mengkonsumsi Kerupuk Berlebih ILUSTRASI: Makan Kerupuk (Grafis: TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 September 2017 - 14:49

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mendengar kata kerupuk, kita sebagai orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Namun, dalam kegurihannya itu, diketahui ada lima bahaya jika mengkonsumsi berlebihan.

Diketahui, kerupuk adalah makanan pelengkap yang paling mudah ditemui. Baik itu di warung pinggir jalan maupun di restoran.

Bagi pecinta kerupuk, hukumnya seakan wajib setiap makan harus ada kerupuk. Makan terasa kurang lengkap jika tak dilengkapi kerupuk. Namun, tahukah Anda bahwa kerupuk itu berbahaya bagi tubuh jika mengkonsumsi secara berlebihan.

Ada lima bahaya makan kerupuk jika berlebihan. Pertama, minyak pada permukaan Kerupuk memicu obesitas. Diketahui, minyak yang ada dalam kerupuk itu mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Kelebihan lemak yang terdapat disekujur kerupuk sudah pasti akan menyebabkan kegemukan.

Kedua, tekanan darah tinggi akibat kadar natrium dalam kerupuk. Mengapa demikian? Karena hampir semua kerupuk rasanya begitu menggiurkan karena giruh. Hal ini disebabkan oleh taburan garam dan bumbu penyedap yang biasa digunakan dalam julah yang tidak sedikit pada proses pembuatannya.

Nah, penggunaan garam tersebut memicu tingginya kadar natrium dalam kerupuk. Apabila mengkonsumsinya secara berlebihan maka kamu bisa terkena tekanan darah tinggi.

Ketiga, dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Ginjal berfungsi pada proses pembuangan racun atau detoksifikasi, jika zat yang dicerna terlalu berat, maka kinerja ginjal pun akan meningkat.

Jurnalis : Puguh Rian Saputro
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration