Kuliner

Ini Rahasia Kehangatan Ronde Matoh ala Surabaya

Ini Rahasia Kehangatan Ronde Matoh ala Surabaya Ronde Matoh ala Surabaya yang kaya akan rempah dan banyak manfaat. (Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 September 2017 - 12:37

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Semerbak aroma jahe berpadu sere dan kayu manis sungguh menggoda. Semangkuk ronde panas kuah manis rasa khas rempah Indonesia. Bola - bola tepung ketan lezat nan kenyal bertabur kacang gurih menambah sensasi tiap gigitan. 

Ronde adalah menu tradisional merakyat nan kaya manfaat. Mampu menghangatkan tubuh serta melancarkan peredaran darah karena kaya kandungan herbal.

Menurut sejarah, ronde adalah makanan tradisional China dengan nama asli Tāngyuán. Terbuat dari tepung ketan, dicampur sedikit air lalu dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. 

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan sebuah kios ronde dan angsle yang cukup fenomenal, yaitu Warunge Mas Pra1. Berbeda dengan warung ronde yang lain, di tempat ini ronde tidak disajikan biasa - biasa saja, namun banyak varian rasa.

Dengan nama beken Ronde Matoh, Warung milik Pramudito tersebut menyajikan rasa ronde lain dari yang lain. 

Selain resep khusus untuk kuah, juga isian bola ketan inovatif. Anti mainstream. Menurutnya, matoh sendiri memiliki arti enak, diambil dari bahasa Bojonegoro. Tempat asal sang istri, Widi Kurniati.

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration