Gaya Hidup

Sembarangan Merawat Kuku Berisiko Terkena Infeksi Jamur

Jumat, 08 September 2017 - 03:37 | 31.45k
Tips Merawat kuku (Foto: Shutterstock.motorolka, wolipop.detik)
Tips Merawat kuku (Foto: Shutterstock.motorolka, wolipop.detik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain rambut dan wajah, kuku juga membutuhkan perawatan. Sebagian wanita rela menghabiskan waktu berjam-jam lamanya hanya untuk mempercantik kuku. Memiliki kuku yang cantik dan sehat dapat membuat Anda merasa senang dan percaya diri. Namun, terlalu sering melakukan perawatan kuku dapat membuat Anda berisiko terkena jamur kuku.

Jika Anda sering ke salon untuk melakukan perawatan pada kuku Anda, Anda harus berhati-hati. Kuku jamur dapat ditularkan melalui alat perawatan kuku yang tidak bersih, seperti gunting dan bak rendam kaki. Normalnya, kuku yang sehat terlihat lembut dan memiliki warna yang konsisten.

Dilansir dari alodokter.com, biasanya infeksi jamur kuku dimulai dari ujung kuku kemudian menyebar ke bagian tengah. Kuku berubah warna dan mudah diangkat atau terkelupas. Infeksi pada kuku menyebabkan kuku menjadi rapuh dan menimbulkan rasa sakit serta pembengkakan pada kulit di sekitar kuku.

Jamur secara normal terdapat pada tubuh Anda dan dapat tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap. Infeksi jamur kuku terjadi akibat adanya pertumbuhan jamur berlebih di kuku Anda. Jamur yang menginfeksi kuku bisa berasal dari jamur yang memang sudah ada di dalam atau di permukaan tubuh Anda. Selain itu, jamur juga bisa berasal dari orang lain yang terinfeksi jamur.

Untuk mencegah infeksi jamur kuku atau kerusakan yang mungkin muncul pada kuku, Anda disarankan lebih berhati-hati dalam merawatnya. Jika timbul gejala yang tidak normal pada kuku Anda, segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES