Ekonomi

Tambah 1.721 PNS, Kemenkeu Targetkan Penerimaan Pajak Rp 1.415 triliun

Kamis, 07 September 2017 - 23:22 | 28.89k
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Keuangan buka lowongan 2.880 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ditempatkan di beberapa unit kerja.

Di antara angka tersebut, sebanyak 1.721 CPNS akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak untuk mengejar target penerimaan negara di sektor pajak.

"Untuk pajak terutama, untuk peningkatan kepatuhan pajak jika mencapai target penerimaan pajak. Juga untuk meningkatkan Account Representative yang sekarang ini bebannya menghadapi WP begitu besarnya dan untuk ekstensifikasi dan untuk meningkatkan efektivitas pengalihan," kata Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (7/9) dilansir detikcom.

Seperti diketahui, target penerimaan pajak pada RAPBN 2018 adalah Rp 1.415 triliun, tumbuh 9% dibandingkan target periode sekarang yang sebesar Rp 1.241,8 triliun.

Menurut dia, tambahan CPNS pajak tersebut itu juga untuk mengoptimalkan penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan formal wajib pajak melalui pengawasan dan modernisasi sistem informasi perpajakan dan pencapaian target pencapaian coverage ratio pegawai terhadap variabel tertentu seperti Audit Coverage Ratio (ACR) dan pengelolaan wajib pajak (WP) per Account Representative.

Rencananya, CPNS pegawai pajak tersebut akan ditempatkan di 341 kantor pajak yang tersebar di seluruh Indonesia. CPNS Ditjen Pajak Kementerian Keuangan nantinya akan membantu pelayanan pajak di 341 kantor pajak yang belakangan ini kekurangan orang.

"Di 341 kantor pelayanan pajak banyak sudah over stretch, artinya jumlah stafnya dibandingkan loadnya, beban kerjanya dengan meningkatnya jumlah wajib pajak," tutur Sri Mulyani.

Bertambahnya jumlah wajib pajak dalam 10 tahun terakhir menjadi 32 juta juga membuat pegawai Ditjen Pajak bekerja ekstra keras. Dengan kehadiran 1.721 CPNS di Ditjen Pajak diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan pajak di berbagai daerah.

Sri Mulyani juga sudah membentuk tim khusus untuk menyebar 1.721 CPNS Ditjen Pajak Kementerian Keuangan di 341 kantor pajak di Indonesia.

"Strategi penempatan sudah ada tim reformasi evaluasi keseluruhan kebutuhan kantor pelayanan pajak maupun kantor pusat, di mana 1.721 ditempatkan ada kantor pusat dan kantor pelayanan pajak," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Detikcom

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES