Wisata

Rencana Pembangunan Pulau Tabuhan Banyuwangi Memakai Grand Desain Natural

Selasa, 05 September 2017 - 19:56 | 90.46k
Seorang wisatawan menikmati suasana Pulau Tabuhan Banyuwangi dengan menghadap arah timur (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Seorang wisatawan menikmati suasana Pulau Tabuhan Banyuwangi dengan menghadap arah timur (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi tengah mempersiapkan rancangan pembangunan area wisata di Pulau Tabuhan, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepada TIMES Banyuwangi (TIMES Indonesia Network), Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudpar Banyuwangi Mohammad Yanuar Bramuda mengatakan grand desain sedang dikerjakan ersitek asal Australia dengan tema natural.

"Dari 5 hektare luasan seluruh pulau, misalnya 4 hektare jadi area private dan 1 hektare jadi area publik dilengkapi resto, ada rest area hingga jetty," kata Bram, sapaan Mohammad Yanuar Bramuda, Selasa (5/9/2017).

Majestik-Banyuwangi-BMDQpX.jpg

Dia mengatakan tema natural akan nampak pada bangunan fisik seperti meja yang terbuat dari batu dan lain-lain. Banyak aktifitas juga bisa dilakukan di alam sekitar pulau seperti memancing, menyelam, menyaksikan Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen di arah barat hingga menunggu matahari terbit dan tenggelam.

"Tabuhan juga sebagai hub atau penghubung ke Menjangan, Baluran, Pulaki, Bengkak dan itu bisa memompa ekonomi rakyat sekitar ini," imbuh Bram.

Dia menegaskan penyeberangan wisatawan ke Pulau Tabuhan harus menggunakan perahu nelayan, sehingga pengelola akan menandatangai nota kesepahaman terkait hal itu.

Majestik-Banyuwangi-C8AZgx.jpg

Bram mengatakan rencana itu telah dipresentasikan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan mendapat respon positif, untuk kemudian dipertimbangkan dalam memilih investor yang tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES