Kesehatan

Sakit Kepala saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Rabu, 06 September 2017 - 05:19 | 62.78k
Sakit kepala. (Foto: Cekpremin)
Sakit kepala. (Foto: Cekpremin)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur menjadi aktivitas penting untuk megembalikan energi setelah beraktivtas. Biasanya tubuh akan segar kembali usai bangun tidur. Namun pernahkah Anda mengalami sakit kepala usai bangun tidur? Sebenarnya, apa penyebab sakit kepala saat bangun tidur? Dilansir dari Klik Dokter, Inilah penyebab sakit kepala saat bagun tidur di pagi hari.

Sleep Apnea
Sleep apnea merupakan gangguan tidur akibat adanya gangguan pernapasan, sehingga aliran udara terhambat masuk ke paru. Kejadian ini bisa menyebabkan henti napas untuk beberapa saat, sebelum akhirnya bernapas kembali.

Obstructive Sleep Apnea (OSA) merupakan penyebab tersering kejadian sleep apnea. OSA adalah kurangnya udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan akibat sumbatan jalan napas.

Saat tertidur, otot tubuh menjadi lebih lemas –termasuk otot pada saluran pernapasan atas. Inilah yang menyebabkan tertutupnya saluran napas atas. Sleep apnea merupakan salah satu penyebab nyeri kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Bruxism
Bruxism adalah kejadian menggesek-gesekkan gigi ketika tidur. Kondisi ini terjadi tanpa disadari oleh penderitanya. Bruxism biasanya berhubungan dengan gangguan lain, seperti stres dan gangguan cemas.

Gesekan gigi antara rahang atas dan bawah yang terjadi selama tidur dapat menyebabkan cedera pada daerah rahang atau sendi temporomandibular. Hal inilah yang berujung pada keluhan nyeri kepala di pagi hari.

Depresi
Meski belum diketahui bagaimana mekanismenya, namun sebuah penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara depresi dan sakit kepala di pagi hari. Jika Anda merasa tidak bersemangat, murung ditambah sakit kepala di pagi hari setelah bangun tidur, bisa jadi Anda mengalami gangguan tidur terkait stres dan depresi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES