Politik

Mendagri: Pemilu Instrumen Penting dalam Kehidupan Demokrasi

Selasa, 05 September 2017 - 12:51 | 95.30k
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut, Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi instrumen terpenting untuk membentuk keyakinan dan tradisi politik dalam kehidupan demokrasi.

"Pemilu sebagai instrumen demokrasi, dalam sejarah Bangsa Indonesia yang telah menyelenggarakan Pemilu secara berkala sebagai wujud pelaksanaan demokrasi," papar Tjahjo, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menurutnya, keberhasilan Pemilu  ditandai dengan penyelenggaraannya yang dilaksanakan secara demokratis sesuai undang-undang dan Peraturan KPU. 

"Hal penting dalam penyelenggaraan Pemilu adalah landasan hukum yang mendasari Pemilu tersebut. Perlu adanya penguatan regulasi Kepemiluan di Indonesia," jelasnya.

Disamping itu, meningkatnya partisipasi pemilih, tidak adanya politik uang, serta tidak adanya kampanye berbau ujaran kebencian atau SARA juga menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

Karena itu, menteri asal PDI Perjuangan ini berharap betul, agar dalam setiap pemilihan, baik itu Pilkada, Pileg maupun Pilpres tidak lagi dinodai dengan pelanggaran kampanye. 

"Kampanye adalah adu program, adu konsep untuk menentukan pemimpin yang amanah, membangun demi kemaslahatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," tegas Tjahjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES