Glutera News

Manfaat Omega-3 bagi Kesehatan dengan Dosis yang Tepat

Jumat, 01 September 2017 - 18:38 | 291.13k
Glutera Collagen BCAA (Foto: Gluteranews)
Glutera Collagen BCAA (Foto: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Omega-3 sering disebut sebagai bahan super yang kaya dengan manfaat. Begitu banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produk-produknya mengandung omega-3, kemudian dijual dengan harga mahal. Apakah nutrisi ini benar-benar bermanfaat?

Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga jenis zat. Minyak ikan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoik (EPA), serta beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman mengandung asam alfa-linolenik (ALA) yang diproses tubuh menjadi asam lemak omega-3. Selain didapat dari bahan alami, omega-3 juga banyak ditawarkan dalam bentuk suplemen.

Apasa saja manfaat omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan, adakah efek sampingnya? temukan disini. Manfaat minyak ikan diantaranya yaitu meminimalisir risiko terkena penyakit stroke dan  jantung, selain itu juga membantu mengurangi gejala depresi, hipertensi, Defisit Hiperaktif Disorder (ADHD), arthritis, nyeri sendi, dan penyakit kulit misalnya eksim.

Minyak ikan juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan, nutrisi ibu hamil, meningkatkan energi dan membantu dalam upaya penurunan berat badan.

Minyak ikan bermanfaat karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Terlepas dari semua manfaatnya kita harus hati-hati karena terdapat banyak klaim palsu tentang suplemen omega 3 yang manfaatnya luar biasa (melebih-lebihkannya), dalam artikel ini akan dibahas berdasarkan bukti ilmiah dari manfaat minyak ikan yang sebenarnya.

Apa itu Minyak Ikan?
Minyak ikan berasal dari jaringan minyak ikan. Minyak ikan terbaik berasal dari lemak cold-water (ikan air dingin). Anda dapat mengkonsumsi minyak ikan yang didapat dari suplemen minyak ikan atau dapat membuatnya sendiri.

Lemak omega-3 pada minyak ikan disebut juga ω-3 asam lemak atau asam lemak n-3. Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda atau PUFAs.

Minyak ikan mengandung 2 omega-e PUFAs yang sangat penting yaitu asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). DHA dan EPA kadang-kadang disebut juga omega-3 laut yang, yang terbaik berasal dari salmon liar, ikan putih, herring, ikan teri dan sarden.

13 Manfaat Omega 3
Dibawah ini terdapat beberapa manfaat minyak ikan yang telah terbukti secara ilmiah.

1. ADHD
Banyak anggota komunitas medis percaya bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu dalam mengurangi gejala ADHD dan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental seseorang.

Di Amerika dilakukan studi pada tahun 2012 pada anak-anak berumur 6-12 tahun pada pasien ADHD dengan terapi perilaku standar dan methylphenidate selama enam bulan lebih hasilnya tidak ada perkembangan dalam akademik belajar dan perilaku yang menggunakan pengobatan standar. Lalu, para peneliti memberikan omega-3 dan omega-6 secara acak. Hasilnya, anak-anak tersebut mengalami peningkatan signifikan dalam agresivitas, performa akademis, menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi tingkat kegelisahan.

Minyak ikan diyakini mempunyai efek yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja fungsi otak, hal ini masuk akal karena 69% otak terdiri dari lemak.

2. Penyakit Alzheimer
Dari dulu sampai sekarang, Hubungan minyak ikan dengan penyakit alzheimer sudah dipelajari dengan hasil yang konsisten. Fungsi kandungan asam lemak esensial yang terkandung dalam minyak ikan tidak hanya dapat mencegah penurunan daya fikir, tetapi dapat juga dapat membantu dalam mencegah atrofi otak pada usia lanjut. Penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal FASEB dari suplemen asam lemak omega-3 dan antioksidan selama 4-17 bulan memperlihatkan efek kesehatan yang dapat dijadikan senjata untuk mencegah terjadinya penurunan daya fikir dan penyakit Alzheimer.

3. Kecemasan (Anxiety)
Penelititan yang telah dilakukan oleh European Journal of Neuroscience pada tahun 2013 memperlihatkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dapat menghilangkan depresi dan kecemasan secara berangsur-angsur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya suplemen minyak ikan dalam “kritis periode perkembangan otak”. Oleh karena itu saya sangat menyarankan memberikan minyak ikan pada anak-anak sejak dini agar mereka dapat mengatasi kecemasan atau depresi dikemudian hari.

4. Radang Sendi/Encok/Rematik (Arthritis)
Penelitian pada tahun 2014 selama 18 bulan dilakukan penelitian terhadap pasien yang menderita Arthritis. Hasilnya menunjukan bahwa suplemen omega 3 yang terkandung pada minyak ikan dapat mengurangi nyeri rematik.

5. Kanker
Berdasarkan penelitian ilmiah yang telah dilakukan para ahli menunjukan bahwa minyak ikan dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker diantaranya yaitu kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat. Bukan hanya itu, studi tersebut juga membuktikan bahwa obat-obatan konvensional kanker lebih efektif jika dibarengi dengan mengkonsumsi minyak ikan, hal ini karena minyak ikan berdiri sendiri menjadikannya terapi efektif dalam pengobatan kanker secara alami.

6. Penyakit Kardiovaskular
Kardiovaskular adalah penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Cardiovascular Research Institute di Maastricht Belanda menunjukan bahwa asam lemak tak jenuh ganda (FA) memiliki efek bermanfaat daripada merugikan pada hasil CVD (penyakit kardiovaskular). Termasuk asam lemak pada minyak ikan yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengatasi penyakit kardiovaskular.

Studi lain juga menemukan bahwa minyak ikan bermanfaat bagi tingkat kelangsungan hidup orang yang mengalami serangan jantung. Penelitian yang dilakukan dalam jurnal Circulation bahwa orang yang mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi setiap 6 bulan setelah serangan jantung menunjukan peningkatan fungsi hati secara keseluruhan dan juga mengurangi tanda-tanda peradangan sistematik.

7. Depresi
Peneliti menemukan penurunan gejala gangguan depresi secara signifikan pada remaja yang mengalami depresi berat, suplemen minyak ikan yang mengandung asam amino berfungsi dengan baik sebagai nutrisi untuk otak.

8. Diabetes
Minyak ikan dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes karena melindungi sel0sel hippocampus dari kehancuran.

9. Gangguan mata
Minyak ikan telah terbukti untuk memulihkan rabun mata kerena faktor usia seperti katarak.

10. Daya Tahan Tubuh
Ketika antioksidan dikombinasikan dengan minyak ikan, sistem daya tahan tubuh meningkat 2 kali lipat.

11. Kulit Dan Rambut
Minyak ikan dapat menyehatkan kulit dan rambut karena fakta membuktikan bahwa minyak ikan dapat mengurangi peradangan.

12. Kesuburan & Kehamilan
DHA dan EPA pada minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan sp*rma, bukan hanya itu kesuburan wanita juga meningkat dan menambah kebutuhan gizi ibu hamil juga anak-anak.

13. Berat Badan
Tambahkan minyak ikan pada menu makanan diet sehat Anda dibarengi dengan program latihan yang baik dapat menurunkan berat badan dan terhindar dari risiko terkena penyakit kardiovaskular

Sumber Suplemen Minyak Ikan Terbaik
Cara terbaik untuk mendapatkan keseimbangan dari omega-3 dan omega-6 yaitu minyak ikan yang berasal dari “ikan liar” (dari habitatnya) seperti ikan salmon. Ikan yang berasal dari akuarium atau kolam dikhawatirkan airnya sudah terkontaminasi dengan residu pestisida dan merkuri.

Oleh karena itu mengkonsumsi anti-oksidan minyak ikan yang murni adalah cara terbaik untuk mendapatkan omega-3 berkualitas. Jenis ikan yang biasa digunakan untuk suplemen minyak ikan yaitu ikan salmon, sarden, ikan haring, pollcock, halibut, cod liver, dan mackerel.

Berapa banyak omega-3 yang kita butuhkan setiap hari? Tidak ada rekomendasi standar yang ditetapkan. Tapi, saran berkisar antara 500-1000 miligram per hari. Sebagai gambaran, dalam 1 kaleng ikan tuna mengandung 500 miligram omega-3 sama dengan satu porsi kecil ikan salmon liar.

Manfaat omega-3 dalam minyak ikan memang dapat untuk meningkatkan kesehatan jantung, otak, kulit, rambut, tubuh dan masih banyak lagi, cobalah untuk menambahkan minyak ikan pada menu makanan anda setiap hari atau mengkonsumsi ikan liar yang ditangkap sehari-harinya. atau jika tidak tiap hari Setidaknya dua porsi ikan setiap minggu untuk memenuhi kebutuhan omega-3 Anda dan untuk mendapatkan manfaat dari minyak ikan. Rekomendasi ini juga didorong oleh American Heart Association.

Kesimpulan Dari Manfaat Minyak Ikan
Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan kita. Mengkonsumsi suplemen minyak ikan berkualitas tinggi merupakan pilihan terbaik, jika tidak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak ikan omega-3.

Suplemen minyak ikan terbaik selalu diproduksi di bawah standar yang ketat dengan pengujian menyeluruh untuk kontaminan yang membahayakan kesehatan seperti merkuri.

Minyak ikan dapat digunakan sebagai pencegahan serta pengobatan. Studi ilmiah telah menunjukan semua manfaat minyak ikan yang luar biasa mulai dari mengobati eksim, meningkatkan kesuburan dan mencegah penyakit jantung juga berbagai jenis kanker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES