Kuliner

Tujuh Bahan Alami yang Bikin Daging Empuk

Sabtu, 02 September 2017 - 01:50 | 122.80k
ILUSTRASI: Buah Kiwi bisa bikin daging empuk (Foto: Health Liputan6)
ILUSTRASI: Buah Kiwi bisa bikin daging empuk (Foto: Health Liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Daging akan melimpah saat lebaran kurban. Sayangnya tak semua orang pandai untuk mengolah daging, terutama kambing. Selain memiliki bau yang khas,  tekstur daging yang alot. 

Untuk mengatasi hal itu, ini dia sederet bahan alami dilansir dari resepmama.com yang membuat daging empuk dan lezat 

1. Buah Nanas 

Nanas paling populer sebagai bahan alami pengempuk daging dan menghilangkan bau. Caranya, parut atau haluskan nanas agar enzim bromelin yang berfungsi sebagai pengempuk pada nanas keluar. Lalu lumuri daging minimal 10-30 menit sebelum dimasak.

2. Daun Pepaya 

Daun pepaya juga sering dipakai untuk mengempukkan daging. Enzim papain didalamnya bisa memecah protein dan melunakkan serat daging. Bungkuslah daging dengan daun pepaya yang sudah diremas sampai keluar getah. Diamkan daging sekitar 10 menit sebelum masak. 

3. Lemon 

Lemon bisa menambah aroma segar dan mengempukkan daging. Balurkan saja air lemon pada permukaan daging lalu simpan di kulkas selama beberapa jam sebelum masak.

4. Tomat 

Manfaatkan tomat untuk daging. Buat jus tomat dan balurkan pada daging sebelum masak. Ini bisa membuat tekstur lebih empuk.

5. Buah Kiwi 

Mengandung actinidin, kiwi bisa membuat daging empuk. Untuk menggunakannya, haluskan kiwi sampai jadi pasta lalu balurkan ke permukaan daging. Diamkan sekitar 30 menit lalu cuci bersih daging sebelum dimasak. 

6. Bubuk Kopi

Kopi ternyata bisa juga membuat daging empuk. Rendam daging dalam kopi pekat satu jam sebelum dipanggang. Kopi ikut memberi rasa smoky pada daging.

7. Selain kopi, teh juga bersifat sebagai pengempuk alami daging karena kandungan tannin di dalamnya. Marinasi daging dengan air teh bisa memberi sentuhan rasa earthy.

Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES